Sertifikasi Berhak Diterima Guru Swasta dan Negeri

 189 total views,  2 views today

Ilustrasi Sertifikasi | Ist

Ilustrasi Sertifikasi | Ist

PAGARALAM – Para tenaga pendidik sekolah swasta memiliki kesempatan yang sama dengan tenaga pendidik sekolah negeri dalam memperoleh sertifikasi.Demikian ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pagaralam, Drs H Syafrani MPd, kemarin (16/9).

Dikatakannya, mulai sekarang tidak ada perbedaan berarti di antara keduanya, kecuali mengenai lama masa pengabdian.

“Perbedaannya yakni guru sekolah negeri mempunyai masa pensiun sedangkan guru sekolah swasta tidak ada masa pensiunnya, kecuali yang bersangkutan mengundurkan diri atau meninggal dunia,” terang Syafrani.   Ditanya mengenai kesempatan memperoleh sertifikasi, ditegaskannya keduanya sama-sama mempunyai hak dan tidak bisa dihalangi kalau sudah memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud).

“Ya, guru PNS dan non-PNS memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan sertifikasi. Bagi guru swasta non-PNS boleh mengikuti sertifikasi lalu mendapatkan tunjangan sesuai sertifikasi itu. Di samping itu ada kredit poin tersendiri bagi guru swasta yang sudah mengabdi selama 26 tahun. Guru tersebut akan mendapatkan tunjangan sesuai poin yang didapat,” jelasnya.

Meski begitu, ia menyatakan agar sekolah atau perguruan tinggi swasta tidak usah merasa minder atau berkecil hati bertugas pada bukan sekolah negeri. Namun, secara prinsip tidak ada perbedaan antara sekolah swasta dengan sekolah negeri. Selain itu, Ia menambahkan pihaknya juga sangat memperhatikan perkembangan sekolah swasta hingga perguruan tinggi swasta.

“Sejauh ini cukup banyak sekolah swasta di Pagaralam, bahkan kualitasnya tidak kalah bagusnya dengan sekolah negeri,” katanya seraya berujar semoga semua ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster