Ogan Ilir Dapat Predikat Penghasil Migas

 340 total views,  2 views today

 

Ilustrasi Gas | Ist

Ilustrasi Gas | Ist

INDERALAYA,- Kabupaten Ogan Ilir (OI), ternyata menyimpan banyak Sumber Daya Alam (SDA) dimana yakni salah satunya kandungan Minyak dan Gas Bumi (migas) di sepanjang dataran maupun aliran Sungai Ogan yang tersebar dibeberapa titik di kecamatan di Kabupaten OI.

Sungai Ogan yang terdapat kandungan Migas yakni seperti aliran Sungai Ogan di Kecamatan Pemulutan, Tanjung Raja dan lain sebagainya. Kepala Dinas Pertambangan Energi (Distamben), Ogan Ilir (OI), Taher Rhitonga AP, didampingi Kabid Sumber Daya Energi Nasrul Awamy, Selasa (16/9) mengatakan, sejak Mei lalu, Pertamina EP menemukan cadangan gas bumi yang berada di sepanjang dataran maupun aliran Sungai Ogan, bahkan OI pun telah menerima predikat salah satu dari kabupaten penghasil migas.

“Sepanjang aliran sungai Ogan terkandung cadangan migas, hal tersebut berdasarkan hasil dari temuan yang dilakukan oleh pihak Pertamina EP pada Mei lalu,” ujarnya. Thaher, menambahkan, Kabupaten OI yang selama ini memiliki kandungan migas di wilayah Kecamatan Rambang Kuang dan lain sebagainya hanya memperoleh Dana Bagi Hasil (DBH) senilai Rp 185 juta pertahun.

Menurutnya, minimnya angka yang bersumber bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) ini dari sektor migas, lantaran memang jumlah minyak di bumi “caram seguguk” tidak sebanyak di kabupaten penghasil migas lainnya yang ada di Sumsel. “Sejauh ini produksi gas bumi yang dimiliki oleh Kabupaten OI bisa dipastikan mencapai angka 20 ribu MMBTU (satuan Energi –red),” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Sumber Daya Energi Distamben OI, menambahkan, gas bumi banyak terkandung disepanjang dataran sungai Ogan. “Sepanjang sungai Ogan, memang banyak ditemukan gas bumi. Namun, untuk mencari sumber lainnya adalah pekerjaan PT Pertamina EP,” ujarnya.

 

TEKS    : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR   : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster