Isyaratkan Pilih Senioritas, Pemkab Empet Lawang Ajukan Tiga Kandidat Pengganti Sekda

 359 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG – Jabatan Sekda Kabupaten Empat Lawang yang saat ini diduduki H Basri Soni, akan berakhir 30 September 2014 mendatang. Sebagai penggantinya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawnag melalui Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) merekomendasikan tiga nama ke Gubernur Sumsel.

Tiga nama tersebut yakni , Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) H Burhansyah, Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan (DP3) Rudianto serta Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informastika (Dishubkominfo) H Choiri Badri.

“Ketiganya sudah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan pada 10 September lalu, namun hasilnya belum disampaikan. Dari ketiga kandidat, semua mencukupi syarat baik kepangkatan dan jenjang karier,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Empat Lawang, H Januarsah, Selasa (16/9).

Siapa yang diunggulkan ? sebut Januarsah, semua memiliki peluang sama karena sudah beberapa kali menduduki jabatan eselon II di Pemkab Empat Lawang. Namun dari ketiga kandidat kepangkatan, secara senioritas adalah H Burhansyah dengan golongan IV C senior. Sementara Rudianto dan H Choiri Badri, sama-sama golongan IV B senior.

Senioritas dan jenjang karir sebut Januarsah, tentu ada penilaian khusus. “Namun itu bukan skala prioritas, semua tergantung dari hasil penilaian tim provinsi. Siapapun nanti di SK kan, itulah Sekda Empat Lawang,” jelas Januarsah seraya menambahkan, jika proses SK belum selesai hingga akhir masa jabatan sekda lama, maka jabatan sementara sekda akan dipegang pelaksana tugas (Plt).

‪Sementara itu Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri mengakui, proses pergantian sekda defenitif, masih dalam proses. Pihaknya menunggu persetujuan dan SK Gubernur Sumsel, sesuai nama kandidat diajukan.

Menanggapi ketiga kandidat ? HBA tak menampik jenjang karier dan senioritas adalah prioritas. Sebab, dalam menjalankan tugas bukan hanya harus paham administrasi, Sekda dituntut mampu mengayomi, kepamongan, dan bisa merangkul jajarannya. Terpenting, kita butuh pembina kepegawaian yang tegas tapi tidak arogan. “Sekda itu pembina PNS dan mengimbangi kerja bupati. Ya tidak mungkin sempurna, setidaknya mendekati cocok ada,” aku HBA.

‪Ada isyarat, HBA lebih memilih orang lebih senior mengisi jabatan sekda. Diantara ketiga kandidat tentu daftar urutan kepangkatan (DUK) H Burhansyah lebih tinggi, selain itu usianya pun lebih senior dibanding pejabat lainnya. “Kalian bisa menilai, siapa lebih senior dan tepat. Yang pasti, kandidat diajukan sudah memenuhi syarat semua, kita tunggu hasilnya saja,” tukasnya.

 

TEKS           : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster