Didominasi Kambing Asal Lampung, Pedagang Hewan Qurban Menjamur

 287 total views,  2 views today

Penjual Hewan Qurban | Dok KS

Penjual Hewan Qurban | Dok KS

MUARAENIM – Pedagang hewan qurban di Kota Muaraenim dan Tanjung Enim, kini mulai menjamur. Mayoritas hewan qurban yang dijajakan tersebut adalah jenis kambing, yang umumnya berasal dari Lampung.

Pantauan Kabar Sumatera, Selasa (16/9), pedagang hewan qurban tersebut cukup mudah ditemukan. Sejumlah pedagang hewan qurban yang dibincangi Kabar Sumatera mengaku, hewan qurban tersebut mayoritas berasal dari Lampung. Itu disebabkan mereka kesulitan untuk mendapatkan pasokan hewan qurban, dari peternak lokal.

Kailani, salah satu pedagang hewan qurban di Tanjung Enim misalnya. Ia sudah sejak satu pekan terakhir ia membuka lapak disekitar kawasan Pasar Baru Tanjung Enim, tepatnya tak jauh dari Jembatan Besi Desa Lingga.

Ditempat tersebut, puluhan kambing untuk qurban dijajakannya. “Sudah mulai ramai yang memesan, namun ada juga yang sekedar bertanya harga. Semuanya kita layani dengan baik,” kata Kailani.

Ia mengaku, kambing yang dijualnya untuk hewan qurban tersebut ia dapatkan dari Lampung. Soal kesehatan hewan, ia menjamin hewan yang diperdagangkannya tersebut semuanya sehat dan memenuhi persyaratan untuk qurban.

Untuk harga menurutnya bervariasi, tergantung beratnya.“Biasanya permintaan kambing akan meningkat jelang hari H, untuk itu kita datangkan dari Lampung. Harga kambing mulai Rp 2 juta sampai Rp 3 juta rupiah, tergantung besar kecilnya. Selain kambing, saya juga menjual sapi. Harganya antara Rp 14 juta sampai Rp 20 juta,” terangnya.

Sementara itu, Harto, salah satu warga Tanjung Enim yang dibincangi mengaku masih menahan diri untuk membeli hewan qurban. Alasanya, harga hewan qurban tersebut saat ini ditawarkan pedagang masih mahal.

Ia berharap beberapa hari kedepan, harga hewan qurban bisa turun. “Saya sudah menyiapkan uang untuk berqurban, namun sekarang masih survei harga dulu. Sekarang harganya masih tinggi, mudah-mudahan awal bulan depan harganya sudah turun,” harapnya.

 

TEKS           : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster