Bupati Empat Lawang : Jalan Desa Harus Diportal

 239 total views,  2 views today

Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA), kemarin meninjau pembangunan Jalan Desa Mekarti Jaya. Dalam tinjauan tersebut, HBA meminta semua jalan desa dipasang portal agar kendaraan bertonase besar tidak bisa melintas. | Foto: Saukani/KS

Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA), saat meninjau pembangunan Jalan Desa Mekarti Jaya. | Foto: Saukani/KS

EMPAT LAWANG – Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA) meminta semua jalan desa yang ada di Kabupaten Empat Lawang, wajib dipasang portal. Tujuannya, agar kendaraan bertonase besar tidak melintas sehingga jalan tidak rusak.

“Harus di portal !. Kan sayang, nanti cepat rusak kalau tonase kendaraan melintas melebihi kapasitas,” kata HBA saat meninjau pembangunan Jalan Desa Mekarti Jaya, Selasa (16/9).

Kata HBA, berdasarkan laporan pekerjaan 2013 lalu, pembangunan jalan kabupaten dan jalan desa di Empat Lawang sudah mencapai 87 persen. Ia yakin tahun ini, bisa rampung bahkan mencapai 120 persen. Artinya ada kelebihan pembangunan jalan baru di sejumlah wilayah.

Jenis jalan ? sebut HBA, sebagian besar sudah diaspal, bahkan ada beberapa titik pengaspalan dua lapis mengingat kondisi geografis wilayahnya. Kenapa diaspal, karena lebih tahan lama dibandingkan pembangunan jalan setapak cor semen.

“Akses dibangun hingga ke daerah talang dan dusun, bukan hanya di desa saja. Kalau jalan ke perkebunan warga, sudah di optimalkan bangun cor semen,” ungkap HBA seraya menambahkan, selain itu akses jembatan dikejar hingga 2015 mendatang.

Bagaiman dengan ada laporan, beberapa titik jalan yang baru dibangun sudah rusak ? HBA menyebut ,itu murni akibat tonase kendaraan melintas sudah melebihi kapasitas. Ia meyakini itu, karena banyak laporan masuk kalau kendaraan operasional pengangkut kayu, material galian C dan perkebunan kelapa sawit kerap melintas.

Kondisi inilah membuatnya gerah, harusnya masyarakat sebut dia memberikan batasan tonase bagi kendaraan yang melintas. “Bila perlu cegat, ini dibangun pemerintah bukan perusahaan. Makanya harus dipasang portal dan dijaga,” tegasnya.

Selain jalan yang melintasi desa-desa, jalan pemukiman juga nantinya akan diaspal, Katanya jalan didekat Kota Tebing Tinggi saja yang diaspal yang jauh tidak, dengan diaspalnya jalan di desa-desa ini, membuktikan hampir semua jalan desa sudah diaspal. Jika dipasang portal, lima tahun jalan ini tidak akan mudah rusak.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga (BM) Empat Lawang, H Fauzi mengatakan, dalam waktu dekat semua jalan desa di Kecamatan Tebing Tinggi dilakukan pengaspalan bahkan di kecamatan lain juga.

Nantinya pengaspalan akan dilakukan dua lapis, sehingga jalan kokoh. “Namun daya tahannya, sangat tergantung pengguna jalannya. Jika jalan itu dilintasi kendaraan bertonase besar, maka jalannya cepat rusak. Tetapi jika sebaliknya, maka jalan tersebut bisa bertahan lama,” tukasnya.

 

TEKS          : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster