Stok Di Empat Lawang Beras Dijamin Aman

 232 total views,  2 views today

Ilustrasi Gudang Bulog | Ist

Ilustrasi Gudang Bulog | Ist

EMPAT LAWANG – Kebutuhan beras di Kabupaten Empat Lawang, berkisar 22.719 ton pertahun. Hingga akhir 2014 mendatang, stok beras dinyatakan masih aman. Jaminan ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian, Perikanan Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DP3KP) Kabupaten Empat Lawang, Rudianto.

“Stok beras di Kabupaten Empat Lawang sudah surplus diatas enam ton, pada Juli. Meskipun di daerah lain saat musim kemarau sawahnya mengalami kekeringan, di kita tidak, hingga sekarang belum ada laporan sawah-sawah mengalami kekeringan,” kata Rudianto yang dibincangi, Senin (15/9).

Ia menerangkan, pada bulan ini ada beberapa daerah di Empat Lawang yang sudah mulai memasuki musim panen sementara di daerah lain, masih melakukan cocok tanam. Di Empat Lawang sebutnya, ada tiga kecamatan yang menjadi penyuplai beras terbesar yakni Kecamatan Talang Padang, Pasma Air Keruh, dan Pendopo.

“Empat Lawang sendiri merupakan daerah penghasil pangan terbesar kedua di Sumsel. Hampir setiap kecamatan, terdapat lahan pertanian meski dengan jumlah yang tidak besar,” bebernya.

Tahun ini lanjut Rudianto, Empat Lawang mendapatkan bantuan dari Pemprov Sumsel, untuk pengelolaan sawah yang baik dengan cara mengupayakan masyarakat setempat tidak mempunyai pekerjaan di desanya masing-masing. “Dengan bantuan tersebut, kita harapkan produksi beras di sawah-sawah petani bisa meninggkat sehingga semakin menambah stok pangan kita,” tukasnya.

 

TEKS         : SAUKANI

EDITOR       : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster