Harus Bebas KKN, Dewan akan Awasi Seleksi CPNS

 262 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

MUARAENIM – Kabupaten Muaraenim, menjadi salah satu kabupaten/kota di Sumsel yang akan membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari formasi umum untuk tahun 2014. DPRD Kabupaten Muaraenim, menginginkan proses seleksi CPNS tersebut dilakukan benar-benar terbuka sehingga menghasilkan para abdi negara yang berkualitas.

Anggota DPRD Muaraenim, Faisal Anwar menyebut, proses seleksi CPNS tersebut harus bebas dari sogok menyogok. Memang sebut bukan rahasia umum, dalam setiap penerimaan CPNS selalu berkembang isu ada sejumlah uang yang harus diberikan jika ingin lulus CPNS.

Di Muaraenim tegas Faizal, itu jangan sampai terjadi. “Karenanya dewan akan mengawasi penerimaan CPNS 2014, kita akan kawal proses rekrutmen CPNS tersebut sehingga tidak ada sogok menyogok,” kata Faizal yang dibincangi di ruang kerjanya, Senin (15/9).

Ia menyebut, proses rektrutmen CPNS tersebut harus benar-benar bersih, transfaran dan terbuka. Sehingga aparatur pemerintah yang dihasilkan, juga bersih. Faizal berharal proses rekrutmen CPNS di Muaraenim, tidak terjadi kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN).

“Bila masyarakat mendapat informasi dan menemukan bukti-bukti terjadi praktik KKN, silahkan laporkan ke aparat penegak hukum. Biar dapat diproses dan ditindaklanjuti, sesuai dengan hukum yang berlaku,” himbau Faisal.

Sebagai informasi, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Muaraenim, Hj Siti Herawati sebelumnya mengatakan, Pemkab Muaraenim awalnya mengajukan 4000 formasi untuk penerimaan CPNS 2014 ke Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB).

Namun dari 4000 formasi yang diajukan tersebut, haya 93 formasi yang disetujui. “93 formasi yang disetujui itu untuk tenaga kesehatan, guru, dan tenaga teknis. “Sekitar 60 persennya dari formasi itu, untuk tenaga guru,” jelasnya.

Ia menyebut, proses seleksi nanti akan dilakukan menggunakan sistim Computer Assisted Test (CAT). “Untuk jadwal seleksinya, diatur oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Mudah-mudahan awal November, proses seleksi sudah dilaksanakan,” tukasnya.

 

TEKS          : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster