Gerakan Penanaman Dua Kali Setahun Padi Lebak, Bupati OI dan Ketua TP PKK Lakukan Tanam Perdana

 352 total views,  2 views today

Bupatisaat menunjukkan bibit padi untuk ditanam | Dok KS

Bupatisaat menunjukkan bibit padi untuk ditanam | Dok KS

 

INDERALAYA – Dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kabupaten Ogan Ilir (OI) berada pada urutan keenam, yang memegang peranan penting dalam menyumbang produksi beras nasional.

Pada tahun 2013, Kabupaten OI merealisasikan tanam padi seluas 50.107 hektar, luas panen seluas 47.830 hektar dan produksi padi yang harus dicapai sebanyak 226.937 ton gabah kering giling (GKG).

Bupati OI, H.Mawardi Yahya didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OI, Hj Fauziah Mawardi dalam sambutannya, mengatakan sawah lebak merupakan lahan rawa yang sistem pengairannya tergantung dengan air hujan dan air pasang sungai.

“Lahan sawah lebak hanya dapat ditanami satu kali musim tanam dalam satu tahunnya yaitu musim tanam April-September. Sementara itu pada musim tanam Oktober-Maret biasanya tidak ada pertanaman padi, karena pada saat itu musim penghujan dan air pasang tinggi, sehingga lahan lebak biasanya banjir dan tenggelam,” ujar Bupati di hadapan masyarakat dan undangan.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten OI, Wawan Wiguna, SP dalam laporannya mengatakan, melalui penerapan teknologi yang tepat diharapkan produktivitas tanaman padi dapat meningkat yang rata rata 4 ton per hektar meningkat menjadi 5-6 ton per hektar bahkan lebih.

“Tahun 2013 lahan lebak OI seluas 65.095 hektar yang ditanami satu kali seluas 47.471 hektar dan tanam dua kali tanam seluas 761 hektar di Kecamatan Muara Kuang dan Kecamatan Rantau Panjang dan lahan lebak yang sementara tidak diusahakan seluas 16.743 hektar,” ungkapnya.

Kenyataannya, dilihat dari potensi lahan lebak yang ada di Kabupaten OI dapat melakukan pertanaman dua kali setahun. Untuk itu diperlukan perbaikan irigasi dan bak penampungan air. Selama ini OI telah membangun enam unit bak penampungan air yang bertujuan untuk menampung air di saat air berlimpah dan dapat dipergunakan saat lahan kekurangan air.

Acara gerakan penanaman dua kali setahun IP 200 padi lebak dan peresmian bak penampungan air dapat meningkatkan luas tanam, luas panen dan produksi Kabupaten OI serta mewujudkan Ogan Ilir berswasembada pangan. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan peresmian penggunaan bak penampungan air.

Acara yang berlangsung di Desa Pelabuhan Dalam Kecamatan Pemulutan ini dihadiri Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten OI Hj. Fauziah Mawardi, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumsel, pihak Unsri, Para Asisten, Kabag Humas OI, seluruh kepala SKPD dan masyarakat sekitar.

 

Teks   : Junaedi Abdillah

EDITOR : SARONO P SASMITO

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster