Teluk Penesak Potensi Objek Wisata Ogan Ilir

 341 total views,  2 views today

Ilustrasi Danau Penesak | Ist

Ilustrasi Danau Penesak | Ist

INDERALAYA – Teluk Penesak yang berlokasi di Desa Seribandung Kecamatan Tanjung Batu kini menjadi perhatian sebagian besar warga Ogan Ilir (OI).

Setiap hari, ribuan pengunjung baik anak-anak, dewasa hingga orang tua berdatangan. Panorama alam yang asri nampaknya menjadi magnet tersendiri bagi warga untuk berkunjung.

Selain menjadi lokasi ajang Grasstrack Championship Seribandung Cup 2104, Teluk Penesak juga terkenal dengan potensi wisata sangat luar biasa.

Isbadillah, Kepala Desa Seribandung kepada Kabar Sumatera, Jumat (12/9) mengatakan, dalam empat bulan terakhir, hampir setiap hari banyak warga yang mengunjungi Teluk Penesak.

Menurutnya, kedatangan warga berbagai aktifitas, mulai hanya jalan-jalan, bermain hingga berkumpul.

“Ya, selama empat bulan belakangan ini hampir setiap hari ada saja pendatang yang sengaja berkunjung ke tempat ini (Teluk Penesak) mereka umumnya melakukan beragam aktivitas. Selain itu di sini sudah didirikan warung – warung tempat berjualan yang dibuat secara permanen,” jelasnya.

Isbaidillah menambahkan, dengan dibukanya areal ini untuk umum maka bisa menarik perhatian masyarakat yang ingin berkunjung terutama mereka yang berasal dari luar daerah, apalagi disediakan sirkuit permanen yang bisa mengakomodir para pembalap lokal biar mereka tidak lagi kebut – kebutan di jalan.

“Namun terlepas dari semua itu hal ini tidak bisa berjalan tanpa dukungan berbagai pihak seperti pemerintah dan masyarakat. Bila secara sinergi hubungan ini berjalan maka dengan sendirinya apa yang kita capai dapat segera terwujud sesuai visi misi Desa Seribandung mandiri, maju, dan berkembang,” ungkapnya.

Sementara itu, Arhandi TB, selaku tokoh masyarakat Desa Seribandung mengatakan selain menjadi ajang ajang Grasstrack, lokasi Teluk Penesak sangat memungkinkan untuk dijadikan objek wisata bila terkelola secara maksimal, hal ini sangat beralasan karena hampir setiap hari tempat tersebut selalu ramai dikunjungi oleh para pendatang.

“Bila areal ini (Teluk Penesak) sudah terbuka untuk umum maka secara tidak langsung akan mendatangkan income bagi desa, hal ini tidak bisa berjalan bila tidak disiasati oleh berbagai pihak. Jika konsentrasi publik sudah terfokus ke tempat ini maka dengan sendirinya roda perkekonomian dapat maju dan berkembang pesat,” tuturnya.

 

Teks : Junaedi Abdillah

EDITOR: SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster