Berikan Beasiswa ke PNS, Pemkab Empat Lawang Ingin Perbanyak Doktor

 245 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

 

EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, memberikan kesempatan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Ini dilakukan, untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur pemerintahan.

 

Pemkab Empat Lawang kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Empat Lawang, H Nanti Kasih Ade, menginginkan jumlah PNS yang bergelar master (S2) dan doktor (S3), bertambah. “Peningkatan kualitas SDM itu penting. Karenanya kita targetkan ada penambahan master dan di doktor,” kata Nanti Kasih ketika dibincangi, Jumat (12/9).

 

Sebab itu terang Nanti Kasih, Bappeda bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), bakal memberikan beasiswa kepada PNS yang ingin melanjutkan pendidikannya.

 

Namun untuk mendapatkan beasiswa tersebut, sebagai tahap awal mereka harus lulus Tes Potensi Akademik (TPA) lebih dahulu. TPA tersebut jelasnya, sengaja digelar terbuka untuk semua pegawai di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Empat Lawang.

 

TPA dilaksanakan secara mandiri melibatkan tim penguji dari Bappenas, dan diikuti setidaknya 40 peserta. “Banyak juga kepala dinas ikut, kita harap mereka mampu meraih minimal 500 poin agar bisa langsung mendaftar ke Bappenas guna mendapatkan beasiswa tersebut,” jelasnya.

 

Peserta yang lulus TPA nantinya sebut dia, di wajibkan juga mengikuti uji kemampuan berbahasa Inggris atau TOEFL. Mereka juga akan mengikuti kursus dan diklat non gelar “Peluang pendidikan dan beasiswa di Bappenas terbuka, ini kesempatan yang harus dimanfaatkan Empat Lawang,” kata Nanti.

 

“Kita sudah komunikasikan ke Bappenas, ya tentu demi kebaikan Empat Lawang. Sebab semakin berkualitas SDM pemerintahan, maka lebih maksimal percepatan pembangunan daerah,” ucap satu-satunya pejabat di Pemkab Empat Lawang yang bergelar doktor ini.

 

Untuk diketahui, TPA digelar mandiri kerjasama Bappenas dan Bappeda Empat Lawang diikuti 40 peserta dari SKPD. Target 500 point tentu tidak mudah, namun semua peserta mengikuti dengan semangat demi mengejar beasiswa pendidikan. “Ini kesempatan emas, yang pasti kita berupaya lulus. Kalau pun belum tercapai, kan kita bisa coba lagi dilain waktu,” tukasnya.

 

TEKS           : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster