Antisipasi Merebaknya ISPA, Ratusan Masker Disebar ke Masyarakat

 291 total views,  2 views today

Pembagian Masker Gratis Oleh BPBD Muba kepada Masyarakat | Ist

Ilustrasi Pembagian Masker Gratis kepada Masyarakat | Ist

BANYUASIN – Kabut asap yang menyelimuti Kabupaten Banyuasin sejak satu pekan terakhir, menimbulkan kekuatiran bakal merebaknya penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Karenanya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuasin, Jumat (12/9), membagi-bagika masker kepada masyarakat.

Pantauan Kabar Sumatera, masker itu dibagikan dibeberapa titik di Pangkalan Balai seperti di kompleks perkantoran Pemkab Banyuasin, Taman Kanak-kanak (TK), pasar tradisional, dan di depan gerbang kompleks perkantoran Pemkab Banyuasin.

“Ada sembilan TK yang kita datangi, untuk dibagikan masker. Selain itu, masker tersebut juga kita bagikan ke masyarakat seperti di depan gerbang kompleks perkantoran Pemkab Banyuasin dan kawasan lainnya,” kata Kepala BPBD Banyuasin, H Harobin Mastopa, kemarin.

Ia menyebut, masker tersebut dibagikan sebagai antisipasi merebaknya ISPA. Pasalnya saat ini, kabut asap mulai tebal. Titik api (hotspot) yang terpantau juga bertambah, dari 11 titik menjadi 20 titik. Diantaranya di Kecamatan Muara Padang, Tungkal, Betung, dan Talang Kelapa.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Kesehatan, Dinkes Banyuasin, dr Rini

Pratiwi menyebut, pembagian masker tersebut merupakan bentuk keperdulian pemerintah terhadap masyarakat. “Meningkatnya kabut asab, otomatis bahaya ISPA itu tidak dapat dihindari. Dengan pembagian masker ini, diharapkan masyarakat akan sadar untuk mencegah ISPA,” jelasnya.

Ia menyebut memang tidak semua masyarakat, mendapatkan masker tersebut. Namun masyarakat jelasnya, bisa mendapatkan masker-masker tersebut di Puskesmas yang ada di Banyuasin.   “Puskesmas pun, sudah kita instruksikan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat guna mencegah merebaknya ISPA,” tukasnya.

 

TEKS         : DIDING KARNADI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster