12 Tuntutan Diajukan ke Bupati Muratara

 416 total views,  2 views today

Carateker Bupati Muratara, H Akisropi Ayub

Carateker Bupati Muratara, H Akisropi Ayub

MURATARA – Puluhan massa yang menamakan dirinya Aliansi Masyarakat Peduli (AMP) Musi Rawas Utara (Muratara), Jumat (11/9), melakukan aksi damai ke kantor Bupati Murataradi Muara Rupit. Dalam aksinya tersebut, mereka mengajukan 12 tuntutan ke pejabat (Pj) Bupati Muratara, H Akisropi Ayub.

Tuntutan yang dimaksud yakni meminta Pemkab Muratara, segera melengkapi fasilitas kesehatan baik obat-obatan maupun tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muratara. Kemudian, pemkab juga didesak untuk mencabut Hak Guna Usaha (HGU) yang diberikan kepada perusahaan perkebunan mulai dari Desa Tanjung Agung sampai Kelurahan Muararupit.

“Tujuannya, agar lahan yang selama ini dikuasai perusahaan perkebunan tersebu bisa dimanfaatkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” Syahril Lubis, koordinator aksi (korak) yang dibincangi disela-sela aksi, kemarin.

Syahril menyebut, mereka juga mendesak Bupati Muratara membekukan semua izin pertambangan dan perkebunan. Tujuannya, agar tidak terjadi lagi konflik lahan antara perusahaan dan masyarakat. “Bupati juga harus memperjuangkan peningkatan plasma,” ujarnya.

Dibidang pemerintahan, bupati diharapkan bisa menempatkan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) secara profesional. Kepala SKPD dan pejabat daerah lainnya tegas Syahril, harus bersedia tinggal di Muaratara. Jangan seperti saat ini dimana menurutnya, banyak pejabat yang justru tidak menetap di Muaratara.

“Kami juga mendesak, realisasi janji Gubernur Sumsel mengenai program air bersih termasuk memperhatikan keluarga korban tragedi pemekaran Muratara. Mereka, para keluarga korban tragedi pemekaran tersebut, harus diperhatikan kesejahteraannya. Bukankah ini, janji gubernur,” tuntutnya.

Menanggapi ini, Pj Bupati Muratara, H Akisropi Ayub berjanji akan menindaklanjuti tuntutan tersebut. “Tentu ada tuntutan yang bisa kita tindaklanjuti dan ada yang tidak bisa, karenanya masyarakat kita minta mengerti,” tukasnya.

 

TEKS         : MASRI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster