Warga Pampangan Segera Nikmati Air Bersih

 341 total views,  2 views today

Pembangunan pipanisasi untuk suplai air bersih di Pampangan. | Dok KS

KAYUAGUNG -Ratusan warga Pampangan yang selama ini mengeluhkan sulit mendapatkan air bersih, dalam waktu dekat ini akan menikmati air bersih. Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) telah menganggarkan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ibu Kota Kecamatan (IKK) Pampangan OKI.

Camat Pampangan, Alex ketika dikonfirmasi mengatakan, selama ini masyarakat Kecamatan Pampangan mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari dari sungai dan air tanah atau sumur, namun kualitas air tersebut tidak memenuhi syarat karena mengandung senyawa besi (Fe) yang tinggi.

“Masyarakat disini kerap kesulitan terhadap akses air bersih untuk keperluan hidup sehari-hari. Untuk membantu masyarakat di
Kecamatan Pampangan, Kementerian PU akan membangun Sistem Penyediaan Air Minum berskala Ibu Kota Kecamatan (IKK) dan saat ini pengerjaannya telah dimulai,” ujar Alex, kemarin

Mengenai teknis pembangunan SPAM IKK sendiri, Camat mengaku kurang memahaminya, yang jelas saat ini para pekerja telah melakukan pemasangan pipa dari Desa Kandis menuju Desa Pampangan, Kecamatan Pampangan.

“Intake-nya akan dibangun di Desa Kandis, dari lokasi intake akan dipasang pipa menuju Desa Pampangan yang rencananya akan dibangun boster untuk mengaliri beberapa desa yang jauh dari lokasi intake,” terangnya.

Menurut Camat, dengan dibangunnya SPAM IKK Pampangan, 60 persen masyarakat di wilayahnya dipastikan akan menikmati suplay air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

“Warga di Pampangan jumlahnya mencapai 30 ribu jiwa, jadi 20 ribu jiwa dipastikan akan menikmati air bersih. Mudah-mudahan masyarakat Pampangan dapat menjadi pelanggan air bersih yang baik,” tukasnya.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Agung Kabupaten OKI, Abdul Kohar menerangkan, SPAM IKK Pampangan merupakan bantuan dari Kementerian PU. Berdasarkan hasil tinjauan dan kajian pemerintah pusat, pembangunan intake berada di Desa Kandis dan pembangunan boster berada di belakang Kantor Kecamatan Pampangan.

“Kapasitasnya 60 liter/detik dan akan mensuplay 4.800 pelanggan atau KK di beberapa Desa di Kecamatan Pampangan. Mudah-mudahan proyek ini bisa cepat diselesaikan, sehingga masyarakat setempat bisa menikmati air bersih,” tandasnya.

 

TEKS   : DONI AFRIANSYAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL.

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster