Jalintim Kembali Berkabut Asap

 315 total views,  2 views today

Kondisi Jalan Jalintim Palembang-Indralaya yang diselimuti Kabut Asap | Dok KS

INDERALAYA – Kebakaran lahan gambut di sisi kiri dan kanan jalan di Jalan Lintas Timur (Jalintim), Palembang-Inderalaya terus berlangsung. Asap pekat terus melambung tinggi hingga meninggalkan sisa pembakaran menjadi hitam.

Pemandangan ini terbentang luas di sepanjang jalur tersebut tepatnya di Km 16 Desa Simpang Pelabuhan Dalam Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI), Kamis (11/9) kemarin.

Kondisi tersebut sempat mengganggu lalu lintas jalan Palembang-Inderalaya. Pasalnya, pengendara sengaja memperlambat laju kendaraannya lantaran jarak pandang berkurang.

Pengendara beralasan, memperlambat kendaraan untuk menghindari kecelakaan.Iwan (34), sopir travel Palembang-Kayuagung, mengatakan, kabut asap sangat menggangu lalulintas. Bahkan, jika tidak hati-hati, tidak menutup kemungkinan akan terjadi kecelakaan.

“Ya jelas Mas, jarak pandang dekat, makanya kami pelan bawa mobilnya. Kalau ngebut takut celaka,” ucapnya, Kamis (11/9), kemarin.

Menurutnya, hasil pembakaran lahan tidak hanya menyelimuti kawasan lahan gambut, namun juga sudah menutupi jalur jalan. ” Asap tebal dari pembakaran lahan, sering menutupi jalan, makanya sekarang kemacetan sering terjadi, meski tidak terlalu lama,” katanya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab OI, Syakroni mengatakan, pihaknya terus melakukan upaya penanggulangannya dengan cara berkoordinasi dengan BPBD Sumsel dengan menerjunkan Helikopter Water Bomb.

“Kita terus berusaha mengatasi kebakaran lahan gambut yang setiap hari terjadi. Kita hanya memiliki dua armada PBK dan dua Unit Pompa apung. Untuk mengatasi kebakaran lahan gambut hanya bisa diatasi dengan melalui udara, yakni Helikopter Water Bomb, termasuk hujan buatan,” ujarnya singkat.

Teks : Junaedi Abdillah
EDITOR: SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster