Forki Sumsel Gelar Kejurda Karate Usia Dini

 1,221 total views,  2 views today

Ketua Panpel Kejurda Karate, Aliyuddin Asral

PALEMBANG – Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) Sumatera Selatan (Sumsel) akan menyelenggarakan kejuaraan daerah (Kejurda) karate usia dini, pra pemula dan pemula, 25-26 Oktober mendatang.

Ketua Panitia penyelenggara Aliyuddin Asral saat ditemui di Sekretariat KONI Sumsel mengatakan, kejuaaraan tersebut rencananya akan dilaksanakan di GOR Dempo Jakabaring Sport City (JSC).

“Dari hasil rapat minggu lalu, peserta yang akan mengikuti kejuaraan tersebut adalah seluruh pengcab kabupaten dan kota se Sumsel. Selain itu juga akan diikuti oleh seluruh pengprov perguruan karate se Sumsel yakni Wadokai, Goju-kai, Inkai, Lemkari, KKI, Inkanas, Sindoka, Inkado, Shiroite, Gokasi, Amura, Kandaga Prana, Pordibya, Shotokai dan Keishinkan,” dijelaskan karateka yang juga sekum Forki Sumsel itu.

Lebih rinci dijelaskanya, untuk peserta usia dini yakni umur 8-9 tahun, pra pemula 10-11 tahun sedangkan pemula 12-13 tahun. Peserta yang akan ikut dikejuaraan ini diprediksi mencapai 600 karateka.

“Ada beberapa atlet andalan Sumsel yang pernah ikut di kejuaraan O2SN tingkat nasional akan terjun di kejurda ini, antara lain Luis Figo dari perguruan Goju-kai dan Sadrina Hazirah dari perguruan Pordibia. Sementara wasit dalam kejuaran ini akan dipimpin oleh Seksi Perwasitan Forki Sumsel Dadang Lesmana SE yang berpredikat linsensi Asian Karatedo Federation (AKF),” Dewan guru Wadokai Sumsel itu memaparkan.

Dijelaskannya lagi, kejuaraan ini akan diawali dengan sertifikasi pelatih yang dilaksanakan pada tanggal 21-22 Oktober. Sertifikasi tersebut rencananya akan diikuti sebanyak sampai 400 peserta orang dengan tujuan agar dalam melatih dapat menggunakan teknik baru berdasarkan petunjuk kemenpora tentang pelatihan usia dini.

“Tujuan kejuaraan tersebut ialah untuk mempersiapkan atlet mengikuti kejurnas piala Mendikbud (sekarang Mendiknas) November 2014 di Gorontalo,” pungkas karateka penyandang DAN V itu .

TEKS     : IQBAL
EDITOR    : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster