Awasi Pupuk, Pemkot Pagaralam Bentuk Tim KP3

 278 total views,  2 views today

Ilustrasi Pupuk Subsidi | Dok KS

PAGARALAM KSGuna memperlancar kebutuhan para petani di Bumi Besemah terhadap ketersediaan pupuk dan pestisida (KP3) di pasaran berikut mempersempit ruang gerak pelaku penimbunan dan lainnya, Pemerintah Kota Pagaralam bentuk Tim Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida.  

Sekretaris Daerah Kota Pagaralam sekaligus Ketua Tim KP3, Drs H Safrudin MSi mengatakan, peranan pupuk begitu urgen dalam memenuhi target produksi. Sebab itulah, pihaknya membentuk wadah koordinasi instansi terkait guna memberikan arahan operasional di lapangan.   

“Berdasarkan surat keputusan Walikota Pagaralam, maka tembentuklah Tim KP3 yang terdiri dari unsur pemerintah daerah dan dinas terkait,” ujar Safrudin, kemarin (11/9).  

Ia mengatakan, untuk penguatan KP3 tersebut, tentunya melalui identifikasi penggunaan pupuk dan pestisida di tingkat petani berikut meningkatkan pemahaman maupun gambaran penyerapan pupuk bersubsidi yang telah direncanakan.

Termasuk pula melakukan pembinaan pengawasan pupuk dan pestisida dengan cara melakukan inventarisasi peredaran pupuk dan pestisida termasuk mengetahui jenis dan formulasi pestisida yang dominan.  

“Adapun struktural K3P di tingkat Kota terdiri dari Pemkot Pagaralam, unsur Kejaksaan Negeri dan Kepolisian,” jelasnya seraya berujar semoga program ini dapat berjalan sesuai rencana.    

Terpisah, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Jumaldi Jani mengemukakan, dalam penerapan pemupukan berimbang diperlukan adanya subsidi pupuk dalam peningkatan produktivitas pertanian, khususnya mewujudkan Ketahanan Pangan di Kota Pagaralam.   

“Agar pelaksanaan sektor pertanian dapat berjalan baik, maka dikeluarkan peraturan Wali Kota Pagaralam Nomor 39 Tahun 2014 tentang Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi (HET) pupuk bersubsidi ditetapkan.Seperti pupuk NPK Rp2300/kg, pupuk urea Rp1800/kg, pupuk SP36 Rp2000/kg, pupuk ZA Rp1400/kg, dan pupuk organik Rp500/kg,” singkatnya.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster