Menangkan Fatmawati, Isak Tangis Sambut Putusan DKPP

 246 total views,  2 views today

 

Ilustrasi DKPP | Ist

PALEMBANG – Gugatan calon anggota legislatif (Caleg) Partai Golkar, Fatmawati di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), terkait pencoretannya sebagai caleg terpilih untuk DPRD Muba yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muba, Rabu (10/9), dikabulkan DKPP.

Isak tangis pun dari Fatmawati dan keluarganya, langsung menyambut putusan DKPP tersebut. Tubi Tohet, kakak kandung Fatmawati, langsung melakukan sujud syukur ketika anggota DKPP, Valina Singka Subekti melalui video conference di Sentra Gakumdu Sumsel KM 6, Palembang, usai membaca putusannya.

Sementara Fatmawati, terlihat menangis haru mendengar Ketua DKPP, Jimly Assidiqie merekomendasikan agar KPU Sumsel memberhentikan kelima Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muba yakni Rustam Efendy, Tarmizi, Sigit Purnomo, Miftaqul Jannah, dan Lukman, sebagai teradu.

Selain mengabulkan pengaduan Fatmawati tersebut, DKPP juga memutuskan pengaduan Panwaslu Mura terhadap KPU Mura. Dalam putusannya, DKPP memberikan sanksi peringatan keras terhadap empat Komisioner KPU Mura yakni Efran Eriadi, Muhammad Hidayat, Dasril Ismail, dan Ach Zaein karena terbukti melakukan pelanggaran pemilu. Sementara satu komisioner lainnya yakni Supriadi dinyatakan tidak bersalah, dan dipulihkan nama baiknya.

Kuasa hukum Fatmawati, Sophuan Yusfiansyah yang dibincangi usai pembacaan putusan DKPP tersebut, memberikan apresiasi kepada KPU Sumsel dan Bawaslu Sumsel. “Bagi kami, keadilan hukum telah di tegakkan , kami membutuhkan dukungan Bawaslu dan KPU Sumsel, untuk pengembangan hak konstitusi yang akan dilaksanakan dengan cepat karena ini menyangkut pelantikan , dan otomatis yang dilantik besok bukan Bahrul tapi Fatmawati, tidak ada penundaan lagi langsung penggantian nama dan perbaikan ,” kata Sophuan.

Ditempat yang sama Ketua KPU Sumsel, Aspahani menyebut, akan membahas keputusan DKPP tersebut secepatnya dengan KPU Muba. “Sesuai putusan tersebut maka Fatmawati lah yang dilantik sebagai caleg terpilih,” tukasnya.

 

TEKS           : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster