Dewan Kabupaten Empat Lawang Usul ada Lelang Jabatan

 285 total views,  2 views today

Ilustrasi | Ist

EMPAT LAWANG – Tingkat kedisiplinan dan kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Empat Lawang, kerap menjadi sorotan. Saat bupati atau wakil bupati menjalankan dinas luar, maka banyak kepala SKPD juga yang menghilang.

Hal ini menurut anggota DPRD Empat Lawang, Joni Riko, dikarenakan penempatan jabatan yang belum tepat. Ia menyarankan, sebaiknya Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri melakukan lelang jabatan untuk penempatan kepala SKPD.

“Sebaiknya memang penempatan kepala SKPD, dilakukan melalui sistem lelang jabatan. Sehingga kepala SKPD tersebut, sesuai dengan background pendidikan dan kemampuannya,” kata Joni yang dibincangi, Rabu (10/9).

Namun menurut politisi Partai NasDem ini, tidak berarti kinerja SKPD di Empat Lawang kurang bagus. Menurutnya, ada juga SKPD yang kinerjanya bagus. Namun agar kedepannya, agar kedepan pencapaian program pembangunan di Empat Lawang lebih maksimal maka harus dilakukan perbaikan, salah satunya dengan penempatan kepala SKPD melalui sistem lelang jabatan.

Ia menyebut, program yang dijalankan Bupati Empat Lawang, untuk percepatan pembangunan cukup luar biasa. Ini ujarnya, harus didukung jajaran kepala SKPD yang efektif dan gesit. “Kan sayang, bupati nya bagus tapi bawahannya tidak nyambung. Tapi semua adalah kebijakan kepala daerah, entah itu masalah loyalitas atau lainnya yang jelas masyarakat menuntut efektifitas pemerintahan dan memaksimalkan pelayanan publik,” bebernya.

Menurut Riko, sistem ini sudah diterapkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Dalam sistem tersebut, setiap calon kepala SKPD harus melalui seleksi dengan mengikuti berbagai tahapan tes. Tujuannya, agar orang yang ditempatkan sebagai kepala SKPD tersebut adalah orang yang tepat.

Joni berharap Bupati Empat Lawang pun, melakukan hal serupa. Karena hal tersebut dinilainya dapat menempatkan pejabat-pejabat yang berkualitas dan mumpuni, sesuai dengan bidangnya masing-masing. “Kalau ada cara-cara yang bagus di daerah lain, apa salahnya kita adopsi, Inikan demi tercapainya Empat Lawang EMASS nan Gemilang,” tegasnya.

Joni menerangkan, secara sederhana lelang jabatan tersebut diterapkan dengan membuka kesempatan semua calon pejabat untuk memperebutkan posisi kepala SKPD. Mereka, dipersilakkan mengajukan lamaran jika merasa layak. Kemudian harus mengikuti uji kepatutan dan kelayakan.

Namun wacana itu, ditanggapi dingin sejumlah kepala SKPD dilingkungan Pemkab Empat Lawang. Salah seorang kepala SKPD menyebut kinerja semua SKPD di lingkungan Pemkab Empat Lawang, sudah maksimal. “Jika memang ada lelang jabatan, sah-sah saja. Itukan kebijakan kepala daerah, sebagai abdi negara kami siap ditempatkan di posisi mana saja,” tukasnya.

 

TEKS           : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster