Tahun 2016, Seluruh SKPD Wajib Terapkan Standar Akuntansi Pemerintah

 316 total views,  2 views today

 

Ilustrasi Akutansi | Ist

INDERALAYA – Pada akhir tahun 2015 atau laporan keuangan tahun 2016, seluruh bagian keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), mampu membuat laporan tambahan sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP), No 71 Tahun 2010 tentang  Standar Akuntansi Pemerintah (SAP).

Hal tersebut diungkapkan, H. Muhsin, pewakilan dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), usai acara sosialisasi SAP, yang dilaksanakan di Gedung LPMP, Inderalaya, Selasa (9/9), kemarin.

“Ya, tahun 2016 nanti, seluruh bagian keuangan SKPD, wajib mengikuti SAP. Untuk itu, saat ini kita lakukan sosialisasi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, nantinya pada laporan keuangan tersebut tidak seperti saat ini. Menurutnya, ada penambahan laporan keuangan yang harus dilakukan dari sebelumnya. “Nantinya pada PP baru ini ada penambahan  laporan yang harus dilakukan oleh masing masing bagian keuangan SKPD,” ucapnya.

Sementara itu,  Bupati OI, H. Mawardi Yahya diwakili oleh Asisten II bidang ekonomi pembangunan, Wilson Effendi berharap, peserta sosialisasi agar dapat mengikuti dengan cermat serta dapat memahami materi yang diberikan. “Ini agar pengelolaan keuangan pemerintah lebih baik,” tuturnya.

Saat ini, lanjut Wilson Efendi, pihaknya bekerja sama dengan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (SIMDA) keuangan BPKP Sumsel, agar setiap kegiatan dapat melaksanakan keuanganya sesuai dengan aturan yang ada.

Acara sosialisasi Peraturan Pemerintah No 71 tahun 2010 dan aplikasi sistem informasi daerah  yang berbasis  aktual dalam hal pengelolaan keuangan atau kas negara,  dibuka oleh Bupati OI, H. Mawardi Yahya diwakili Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Wilson Effendi. Acara diikuti ratusan peserta yang merupakan perwakilan dari setiap instansi pemerintah sampai tingkat kecamatan.

Teks : Junaedi Abdillah

EDITOR: SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster