Mayoritas Perusahaan Tak Masuk BPJS

 255 total views,  2 views today

Ilustrasi BPJS | Foto : Bagus Kurniawan

PAGARALAM – Pemerintah Kota Pagaralam melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) menilai masih banyak perusahaan yang ada di Bumi Besemah ini tidak mendaftarkan para karyawannya ke dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS). Hal itu dikemukakan Kepala Dinsosnaker Kota Pagaralam Drs M Isa Albasyarah MSi melalui Kasi K3 dan Jamsostek, Nopran Hadiwijaya SE, kemarin (9/9).

Kata Nopran, sejumlah pengusaha yang ada di Pagaralam hingga kini tercatat dalam 75 perusahaan. Namun jumlah pendaftar sebagai peserta BPJS hanya sekitar 20 perusahaan saja, sementara sisanya atau 55 perusahan lagi masih belum mendaftar sebagai peserta BPJS serta belum terdata di Dinsosnaker Pagaralam.

“Padahal program BPJS memiliki banyak keuntungan dan ada kaitannya dengan hak hidup para pekerja, tetapi banyak perusahaan belum mendaftarkan karyawannya di BPJS,” kata Nopran.

Sejauh ini langkah yang dilakukan petugas Dinsosnaker lanjutnya, yakni mengajak para pengusaha yang ada untuk masuk menjadi peserta BPJS.

“Kita terus menggencarkan sosialisasi kepada perusahaan tersebut, sehingga tidak ada alasan lagi bagi perusahaan untuk tidak mendaftarkan para pekerjanya ke program BPJS,” terangnya seraya berkata semua ini dilakukan sesuai dengan aturan yang diberlakukan.

Ia mengatakan, adapun keuntungan program dimaksud diantaranya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK).

“Program ini diterapkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan yang berlaku sebagai mana diatur dalam UU No. 3 tahun 1993 tentang Ketenagakerjaan,” jelasnya.

Mengenai minimnya minat perusahaan untuk mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS, Nopran menduga karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan pihak BPJS di lapangan.

“Bagi perusahaan yang belum mendaftarkan pegawainya ke BPJS diminta agar dapat memenuhi apa yang telah menjadi kewajiban mereka demi terwujudnya kesejateraan para pegawai yang ada,” harapnya.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster