Kejaksaan akan Selidiki Proyek Siluman di Banyuasin

 296 total views,  2 views today

Ilustrasi Proyek Pengerjaan Jalan | Dok KS

BANYUASIN – Sejumlah proyek siluman ditemukan di Kabupaten Banyuasin, proyek tersebut dikatakan siluman selain tidak ada papan informasi atau papan proyek yang terpasang, juga proyek yang umumnya adalah pembangunan infrastruktur dasar tersebut seperti peningkatan jalan dan lainnya, tidak terdaftar di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKDP) terkait.

Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalan Balai, berjanji akan menyelidiki proyek-proyek siluman tersebut. “Kita akan selidiki,” kata Kepala Kejari Pangkalan Balai, Suwito SH melalui Kepala Seksi (Kasi) Intel, M. Iqbal yang dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (9/9).

Iqbal menyebut, kejari tidak akan mempedulikan punya siapa proyek tersebut termasuk apakah proyek-proyek siluman ini milik pejabat atau kroninya. “Yang pasti, kita akan selidiki,” janjinya.

Sebagai informasi, diberitakan Kabar Sumatera sebelumnya, sejumlah proyek fisik di Bumi Sedulang Setudung diduga adalah proyek siluman dan milik oknum penguasa serta kroninya. Misalnya proyek pembangunan di Jalan Koramil, Kecamatan Talang Kelapa. Di lokasi pembangunan jalan tersebut, tak ada papan informasi apa yang sedang dibangun, berapa anggaran dan siapa yang membangunnya.

Tak hanya di Jalan Koramil, hal yang sama juga terjadi pada pembangunan Jalan Pasar Sukomoro, Jalan Tanjung Sari, Jalan Camat II dan Jalan Camat I, yang saat ini tengah dikerjakan.

“Semua proyek Kecamatan Talang Kepala, hampir semuanya dikerjakan oleh perusahaan tempat saya bekerja. Bahkan banyak pemborong lain, yang meminta “pekerjaan” dengan bos saya,” kata Jamil, salah satu pekerja yang dibincangi mengerjakan pembangunan di Jalan Camat I, Minggu (7/9).

Siapa bosnya dimaksud, Jamil enggan menyebutkannya. Namun menurut Jamil, ada orang besar yang memberikan pekerjaan kepada bos nya tersebut. Disinggung mengenai papan proyek yang berisikan informasi untuk masyarakat, diakuinya memang tidak ada. “Selama ini, kami bekerja tidak pernah memasang plang proyek. Tetapi kalau Rencana Anggaran Pelaksanaan (RAP) nya, ada,” bebernya.

Kabar Sumatera yang mencoba mengkonfirmasi berbagai proyek tersebut di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga dan Dinas PU Cipta Karya (CK) Kabupaten Banyuasin, ternyata kedua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersebut tidak mengetahui keberadaan proyek-proyek tersebut. “Itu bukan proyek di dinas kami. Mungkin di Dinas PU CK,” kata salah seorang staf di Dinas PU BM Kabupaten Banyuasin yang dibincangi.

 

TEKS          : DIDING KARNADI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster