Delapan Jemaah Calon Haji Asal Palembang Gagal Berangkat

 253 total views,  2 views today

Jemaah Calon Haji (CJH) kloter pertama embarkasi Palembang, kemarin mulai diberangkatkan ke tanah suci, Mekkah

PALEMBANG – Hingga kelompok terbang (Kloter) ke enam embarkasi Palembang, sudah ada delapan Jemaah Calon Haji (JCH) yang gagal berangkat. Mereka baru akan diberangkatkan pada musim haji mendatang.

“Ada delapan JCH yang keterangannya sakit dan akhirnya ditunda berangkat. Mereka akan diupayakan sembuh dahulu dari sakit sebelum nantinya ikut berangkat di kloter berikutnya atau setidaknya tahun depan,” kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Sumsel, H Hambali, Selasa (9/9).

JCH yang sakit itu terangnya, akan diobati terlebih dahulu hingga benar-benar sehat. Jika sehat dalam waktu cepat, maka JCH itu akan berangkat haji pada musim yang sama di tahun ini.

Hanya saja jika JCH tidak sembuh dalam jangka waktu cepat, maka akan ditunda keberangkatannya tahun ini dan akan dialihkan pada tahun mendatang. “Mereka akan menjadi JCH dengan prioritas, di tahun mendatang. Karenanya hanya masa keberangkatannya saja yang ditunda, namun untuk berangkat di tahun mendatang harus mendaftar seperti biasa. Tapi bedanya mereka menjadi JCH yang diutamakan,” jelas dia.

Dikatakan Hambali, pada musim haji tahun ini didominasi oleh JCH dengan kategori lanjut usia (lansia) yakni 88-95 tahun. Karenanya, panitia keberangkatan haji sangat memperhatikan JCH dengan risiko tinggi seperti JCH yang mengidap struk, darah tinggi, dan sakit lainnya.

“Petugas kami (dokter dan perawat) beri perhatian yang besar kepada JCH yang dalam kondisi tidak sehat. Tapi alhamdulillah, sampai saat ini belum ada yang kronis dan masih dalam tahap penyembuhan di dokter kloter masing-masing,” beber Hambali.

Ditanya mengenai JCH yang sudah tiba di Tanah Suci dan mulai menjalankan ibadah haji, ia menjelaskan, tidak ada kendala bagi setiap JCH. Bahkan, dari segi lokasi ibadah dengan tempat tinggal tidak terlalu jauh sekitar 600 meter. “Jadi semua JCH Sumsel yang sudah tiba dalam keadaan aman. Belum ada informasi JCH yang sakit kronis atau sampai meninggal,” tukasnya.

 

TEKS          : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster