Sumur Kering, Warga Terpaksa Beli Air Bersih

 445 total views,  2 views today

Salah satu warga Perumahan Taman Gading, Indralaya Utara menunjukan sumur kering yang berada dirumahnya.

Salah satu warga Perumahan Taman Gading, Indralaya Utara menunjukan sumur kering yang berada dirumahnya.

INDERALAYA – Musim kemarau yang berkepanjangan membuat warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Sumur-sumur warga menjadi kering dan berlumpur.

Bahkan, warga terpaksa merogoh kocek dalam untuk membeli air bersih guna memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti keperluan mandi dan lainnya.

Ina (34), ibu rumah tangga, di Desa Palemraya, Kecamatan Inderalaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir (OI), mengatakan, sejak dua bulan terakhir, dirinya serta beberapa kepala keluarga lainnya kesulitan air bersih lantaran musim kemarau.

Sumur-sumur, lanjutnya, yang menjadi sumber air mengering. Jika pun ada, warna airnya berubah menjadi keruh. “Hampir semua sumur kering Mas, jadi sulit dapatkan air,” ujarnya, Senin (8/9), kemarin.

Untuk mendapatkan air bersih, sambung Ina, dirinya terpaksa membeli air galon untuk keperluan mandi dan masak. “Ya, beli Mas, mandi dan masak pakai air galon, apalagi saya ada bayi,” ucapnya.

Dalam sehari, masih kata Ina, dirinya harus merogoh kocek Rp12.000, untuk tiga galon ukuran satu galon 15 liter. “Satu galon Rp4.000. Kalau tidak beli, kami mau mandi dan masak pakai apa,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Dedi (27). Dirinya terpaksa membeli air bersih ukuran galon untuk keperluan masak. “Kalau mandi, sumur memang ada, tapi sedikit keruh,” tuturnya.

Ia menambahkan, musim kemarau yang panjang menyebabkan dirinya sulit mendapatkan air.

 

“Sudah hampir tiga bulan kemarau. Pasti lah, kami sulit dapatkan air. Lebak juga banyak yang kering. Mudah-mudahan, kemarau segera berakhir,” ungkapnya.

Teks : Junaedi Abdillah

EDITOR: SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster