Pemkab Muba tak akan Terprovokasi Terkait Persoalan Tapal Batas Suban IV,

 512 total views,  4 views today

 

SEKAYU – Bupati Musi Banyuasin (Muba), H Pahri Azhari menegaskan kalau persoalan tapal batas di Suban IV, sudah selesai. Suban IV menurut Pahri, adalah sah milik Kabupaten Muba. Penegasan ini disampaikan Pahri, terkait dengan dicabutnya plang batas wilayah yang dipasang Pemkab Muba di Desa Ketapang Bening, Kecamatan Rawas Ilir.

Pahri menyebut, tidak ada lagi persoalan dalam tapal batas antara Kabupaten Muba dengan Musi Rawas Utara (Muratara). Karena Menteri Dalam Negeri (Mendagri), sudah memutuskan kalau Suban IV masuk wilayah Kabupaten Muba.

“Berdasarkan Peraturan Mendagri Nomor 50 tahun 2014, Suban IV masuk wilayah Muba. Artinya, tidak ada lagi persoalan dengan wilayah tersebut dan kita tetap berpegangan pada Permendagri tersebut,” kata Pahri yang dibincangi usai meresmikan Masjid Al Ashri di Sekayu, Senin (8/9).

Menurut Pahri, dicabutnya plang batas wilayah yang dipasang Pemkab Muba di kawasan Suban IV oleh masyarakat dan Kepala Desa (Kades) Ketapang Bening, Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Muba tersebut, tidak lebih sebagai bentuk provokasi.

Pemkab Muba jelasnya, tidak akan menanggapi itu. Pemkab Muba sebut Pahri, akan tetap berpegangan pada peraturan yang ada yakni Permendagri Nomor 50 tahun 2014. “Kita tidak akan terpancing dengan provokasi tersebut, “ ujarnya.

Pahri menyebut, sebelumnya Pengadilan Negeri (PN) Sekayu melalui amar putusannya pada Desember 2013 lalu juga memutuskan Suban IV masuk wilayah Muba. Dalam putusannya, PN Sekayu juga menerangkan kesepakatan antara Pemkab Musi Rawas (Mura) dan Pemkab Muba, yang dimediasikan Gubernur Sumsel tanggal 14 Januari 2013 tentang lokasi sumur gas Suban IV adalah sah, mengikat, dan berharga.

Sebagai informasi, Minggu (7/9) lalu sekitar pukul 14.30 WIB, Kades Ketapang Bening bersama puluhan warga mencabut plang kehutanan milik Pemkab Muba yang dipasang di Desa Ketapat Bening Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Muratara yang tepat berada di Dusun II dan Dusun IV.

“Tanah ini, masuk dalam wilayah Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Muratara. Tidak sejengkal pun boleh masuk ke wilayah Muba. Ini milik kami, yang akan kami pertahankan,” kata Firsa Lakoni, Kades Ketapang Bening.

 

TEKS          : BAGUS SANTOSA

EDITOR        : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster