Minimarket Modern Jadi Ancaman

 392 total views,  2 views today

Ilustrasi Indomaret

Ilustrasi Minimarket | Ist

PALEMBANG – Semakin banyaknya pertumbuhan, minimarket modern seperti Alfamart dan Indomaret, secara tidak langsung bisa membunuh usaha warung kecil milik warga. Karenanya, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Palembang, mendorong agar usaha rumahan milik warga diperbaiki dari sisi fasilitas dan kenyamanan bagi pelanggan.

“Kalau kita lihat, Alfamart dan Indomaret sangat mengutamakan fasilitas kenyamanan, misalnya memiliki penyejuk ruangan, cara melayani dan lainnya. Kalau usaha rumahan, warung atau yang biasa disebut minimarket lokal dibuat seperti itu, saya rasa akan bersaing,” kata Kepala Disperindagkop Palembang, Syahrul Hefni, Senin (8/9).

Syahrul menjelaskan, barang dagangan yang tertata rapi. Salah satu cara untuk menarik konsumen, sehingga apabila konsumen memerlukan sebuah barang, tinggal menunjuk dan bisa mengabil sendiri.

“Yah, selayaknya minimarket modern lah. Saya yakin, konsumen akan puas. Harus meningkatkan pelayanan, selama ini banyak pengelola usaha rumahan tidak memperhatikan hal itu. Sehingga konsumen lebih tertatik datang ke Indomaret atau Alfamart,” ujarnya.

Syahrul mengaku, untuk menghidupkan kembali minimarket lokal, pihaknya sudah melakukan sosialisasi terhadap mereka. Serta membatasi izin mendirikan minimarket modern. “Walaupun banyak yang minta izin, belum tentu di izinkan. Karena harus melihat lokasinya juga, jangan sampai membunuh usaha milik masyarakat,”akunya.

Syahrul menyebutkan, sebenarnya sudah banyak usaha milik masyrakat yang melakukan pembenahan, tapu tidak terlalu banyak, seperti di Jalan Veteran, A Yani, dan kawasan lainnya. Usaha milik warga itu, ditata layaknya minimarket modern. “Kami akan sosialisasikan terus soal itu. Agar usaha warga tidak mati dengan bertumbuhnya usaha minimarket modern sekala nasional,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR        : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster