Kadisdik Sumsel : Perda Pendidikan Lokal Harus Ada

 254 total views,  2 views today

Ilustrasi.

Ilustrasi. | Ist

PALEMBANG – Saat ini perancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang pendidikan lokal pada kurikulum 2013 sedang dalam proses penyusunan agar bisa berkekuatan hukum. Dan, Perda Pendidikan Lokal ini juga harus diperkuat oleh Peraturan Gubernur (Pergub) Sumsel.

“Untuk rancangan pengembangan kurikulum ini harus ada tim dari pengebangan kurikulum provinsi, pejabat pusat, Kementerian pendidikan dan Budaya (Kemendibud) nasional yang menangani perancangan Perda ini,” kata Widodo, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumsel, Senin (8/9).

Menurut Widodo, untuk  pengembangan kurikulum ini perlu ada kekuatan hukum, sehingga prosesnya mampu berjalan diseluruh kabupaten/kota se-Sumsel. Makanya harus ada sekurang-kurangnya Pergub Sumsel.

“Harus ada kekuatan hukum, sehingga prosesnya dapat dipertangung jawabkan dalam pelaksanaannya,” kata Widodo.

Dengan adanya Perda pendidikan lokal ini diharapkan mampu menyelamatkan aset daerah disetiap masing-masing Kabupaten/kota, terutama ini menujukkan ciri khas Sumsel, seperti kain songket, kuliner pindang dan pempek, rumah limas dan lainnya.

“Dengan adanya Perda ini dapat memberikan pemahaman ke guru dan siswa, sehingga tidak ada lagi aset daerah yang diklaim oleh provinsi lain bahkan negara lain,” ujarnya.

Kendati baru akan dirancang, namun perda ini tidak sulit untuk berintegrasi dengan kurikulum 2013. Karena, perda ini tidak memerlukan buku panduan baru yang akan dicetak lagi.
TEKS  : AMINUDDIN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster