Jarak Pandang Pilot 100 Meter, Jadwal Penerbangan Masih Normal

 326 total views,  2 views today

Salah Satu Pesawat yang akan Lepas Landas | Foto : Dok KS

Salah Satu Pesawat yang akan Lepas Landas dari Bandara Internasional SMB II Palembang. | Foto : Dok KS

PALEMBANG – Walaupun sepekan terakhir Palembang, diselimuti kabut asap namun itu tidak mengganggu jadwal penerbangan yang ada di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

GM PT Angkasa Pura II Palembang, Zulfahmi, mengatakan, kabut asap masih terbilang normal walaupun sempat menyelimuti diseputar landasan udara, yang terjadi sejak pagi hingga menjelang siang hari. “Tidak begitu berpengaruh terhadap jadwal penerbangan, baik itu jadwal kedatangan maupun jadwal keberangkatan,” kata Zulfahmi yang dibincangi, Senin (8/9).

Zulfahmi mengaku, sampai sejauh ini, PT Angkasa Pura belum menemui adanya hambatan terkait kabut asap tersebut. Walaupun dua hari lalu, kabut asap cukup pekat. “Sejak pagi tadi (kemarin), kabut asap masih terlihat. Tetapi kabut asap yang ada, tidak setebal dua hari yang lalu dan tidak sampai menghambat jadwal penerbangan. Penerbangan di Bandara SMB II masih normal, tidak ada kendala,” jelasnya.

Lebih jauh Zulfahmi menjelaskan, walaupun jarak pandang sedikit menurun, tapi tidak berpengaruh besar. Karena pihaknya memiliki Sistem Instruments Landing System (ILS) untuk menghindari tabrakan udara. “Jarak pandang masih normal sekitar 100 meter. Penerbangan akan dihentikan, apabila jarak pandang pilot hanya 50 meter. Pesawat tidak akan lepas landas,” ujarnya.

Selain memiliki ILS, sambung Zulfahmi, dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel juga telah memasang alat di Bandara SMB II yang berfungsi untuk mengatasi penerbangan yang rentan terganggu akibat asap.

“Alat itu digunakan untuk menetralisir asap di bandara, semoga saja kabut asap ini tidak mempengaruhi penerbangan, karena saat ini musim haji, jadwal penerbangan cukup tinggi,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR        : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster