Jadwal Tes CPNS Belum Pasti

25 total views, 3 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Jadwal pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2014, yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dipastikan molor. Pasalnya hingga Minggu (7/9), dari 12 kabupaten/kota di Sumsel yang ikut melaksanakan tes CPNS, baru ada tujuh kabupaten yang mengumumkan formasinya.

Kepala Regional VII Badan Kepegawaian Negara (BKN, Pramono Widyo Utomo mengatakan, rencana awal tes adalah 8 September. Tapi, karena masih banyak yang belum mengumumkan formasinya terpaksa di batalkan.

“Baru tujuh yang mengumumkan formasinya yakni Musi Rawas (Mura), Mura Utara (Muratara), Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Muaraenim, PALI, dan Lubuk Linggau,” kata Pramono, kemarin.

Menurut Pramono, BKN tidak mempunyai kewenangan untuk menentukan jadwal tes di Sumsel. Karena, sebutnya hal itu langsung ditentukan oleh pemerintah pusat. “Belum ada jadwal tes yang terbaru, kami masih menunggu dari pemerintah pusat,”ujarnya.

Katanya, akibat keterlambatan itu berdampak pada pelaksanaan tes yang diprediksi akan memakan waktu hingga satu bulan. Kemudian untuk jadwal tes, nantinya akan diumumkan dari instansi yang ikut menerima CPNS, setelah pendaftaran ditutup dan seluruh berkas lamaran calon peserta mereka terima. “Pendaftar CPNS yang di nyatakan lolos mengikuti tes, akan mendapatkan nomor tes. Bisa diumumkan di website instansi atau mungkin media cetak,” jelasnya.

Ditanya terkait pengumuman formasi yang hingga saat ini belum dapat diakses secara keseluruhan, Pramono menjawab, hal tersebut karena panitia harus memasukkan secara manual formasi tersebut di website resmi Kemenpan, yakni www.panselnas.menpan.go.id.

“Semua formasi dimasukkan manual. Sehingga terjadi keterlambatan. Untuk akses ke website panselnas sendiri sekarang sudah cukup lancar, dan beberapa instansi juga sudah dapat melakukan pendaftaran online. Namun, setelahnya tetap harus mengirimkan berkas lamaran ke instansi yang dituju,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang peserta yang mendaftar CPNS, Lidia Pratiwi (24), mengaku kecewa dengan sistem yang dibuat pemerintah dalam melakukan seleksi. Karena, banyaknya informasi, membuat peserta pelamar merasa binggung.

“Pengumuman formasi sampai sekarang tidak jelas. Bagaimana kami mau mendaftar. Begitu juga dengan cadwal tes. Kalau pemerintah pusat belum sanggup pakai sistem CAT, seharusnya jangan coba-coba,” keluh wanita lulusan Universitas Bina Darma (UBD) Palembang ini.

Lidia berharap, semua formasi PNS secepatnya diumumkan sehingga ia bisa membandingkan, daerah mana yang kuota penerimaan paling besar. “Kalau sudah diumumkan masih lebih enak. Kami bisa menentukan wilayah tes, kalau sekarangkan masih ragu-ragu. Makanya belum mendaftar,” tukasnya.

 

TEKS        : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR       : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com