Uang Senilai Rp162.870.000 Hangus Terbakar

 1,212 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Uang senilai Rp 162.870.000 hangus terbakar. Uang yang jumlahnya cukup besar tersebut merupakan uang palsu (Upal) yang sengaja dibakar oleh Kejaksaan Negri (Kejari) Palembang,  Jumat (5/9) pukul 09.00 WIB

Pembakaran upal yang dilakukan di halaman kantor Kejari Palembang ini, merupakan acara pemusnahan barang bukti sitaan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Tidak hanya membakar upal, Kejari Palembang juga memusnahkan sejumlah senjata tajam (Sajam).

Sementara sajam yang dimusnahkan terdiri dari aneka jenis sajam. Mulai dari pedang, samurai, pisau, badik, dan lain-lainya. Total, ada 293 sajam yang dimusnahkan.

Sementara itu ada juga obat-obatan yang disitia karena ilegal dan melanggar aturan. Tak hanya itu, 3.672 botol alkohol juga turut dimusnahkan.

Kasi Pidum Kejari Palembang, Sukamto, menuturkan ini kedua kalinya Kejari Palembang memusnahkan barang bukti sitaan. Barang bukti yang dimusnahkan adalah barang bukti yang tindak pidananya sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

“Ini yang kedua kali di tahun 2014. Beberapa bulan lalu itu kita mushahkan narkotika. Untuk saat ini, yang kita musnahkan ada sajam, obat-obatan, alkohol dan juga uang palsu,” kata Sukamto.

Ditambahkan Sukamto, dari ke semua barang bukti yang dimusnahkan tersebut merupakan barang bukti dari 331 berkas perkara. Sebelum dinyatakan memiliki kekuatan hukum tetap, barang bukti belum akan dimusnahkan.

“Ini seluruhnya tindak pidana yang terjadi di Palembang. Semua barang bukti kejahatan yang dimusnahkan merupakan milik pelaku kejahatan,” pungkas Sukamto.

 

TEKS   :  Oscar Ryzal

EDITOR   : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster