Terkait Dana Stimulan, BPMK dan PU CK Saling Menyalahkan

 313 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Dana stimulan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang serta bantuan Gubernur (Bangub), untuk kelurahan, hingga saat ini belum juga diterima kelurahan. Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan (BPMK) dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya (CK) pun, saling salahkan.

BPMK Kota Palembang menyebut, dana stimulan dan bangub itu belum bisa dicairkan karena masih harus di verifikasi oleh Dinas PU CK Kota Palembang.  “Dana stimulan itu, sudah ada dan saat ini sedang tender melalui LPSE untuk pengadaan motor bak sampah bagi 107 kelurahan. Sementara untuk bangub, draf nya sudah diverikasi Dinas PU CK tetapi dikembalikan dua pekan lalu karena ada yang kurang,” kata Kepala BPMK Palembang, Heri Aprian Rasuan, Jumat (5/9).

Heri menyebut, besaran dana stimulan yang diberikan kepada 107 Kelurahan tersebut sama, yakni Rp 50 juta. Dana itu dipakai untuk pembelian motor bak sampah, sebesar Rp 34,5 juta dan sisanya sebesar Rp 15,5juta untuk Alat Tulis Kantor (Atk) dan penghijauan di kawasan kelurahan.

“Sementara dana bangub sebesar Rp 100 juta. Dana tersebut, sifatnya untuk pembangunan sarana prasarana tetapi lebih fokus pada penghijauan dan lainnya. Jadi total dana yang diterima kelurahan Rp 150 juta,” bebernya.

Lebih jauh Heri menjelaskan, dana bangub yang diterima setiap kelurahan berbeda, dalam penggunaannya. Misalnya untuk kawasan Seberang Ulu (SU), dana tersebut juga dipergunakan untuk melakukan pembersihan sungai, pembangunan drainase dan lainnya. “Tapi, yang pasti penggunaanya harus sesuai aturan. Semua pihak berhak mengawasi penggunaanya, dana itu akan diberikan pihak Kecamatan pada lurah,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU CK Kota Palembang, Ana Heryana membantah, kalau pencairan dana stimulan dan bangub terhalang oleh SKPD yang dipimpinnya. Ia menyebut, sampai saat ini Dinas PU CK, belum menerima draf usulan bantuan dari dana stimulan maupun dana bangub dari BPMK.  “Tidak ada ke kita. Itu semua BPMK, yang mengelola,” tukasnya.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster