Penyebab DAD tak Cair, Camat Diminta Juga Bertanggungjawab

 227 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

BANYUASIN – Badan Pemberdayaan Desa (BPD) Kabupaten Banyuasin menyebut pihak kecamatan, harus ikut bertanggung jawab atas belum cairnya Dana Alokasi Desa (DAD) selama ini. Itu karena camat termasuk Kepala Seksi (Kasi) PMD di kecamatan, merupakan pengawas dan pembina dari kepala desa (kades) termasuk dalam hal administrasi dan keuangan desa.

“Kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan para kepala desa, karena pihak kecamatan pun harus berperan aktif untuk mengawasi sekaligus melakukan pembinaan terhadap para kadesnya termasuk dalam hal administrasi,” kata Kepala BPD Kabupaten Banyuasin, Amir Pauzi melalui Sekretaris PMD, Agustinus saat ditemui dibincangi di ruang kerjanya,  Jumat (5/9).

Dikatakannya, sejauh pengamatannya pihak kecamatan belum berperan aktif didalam melakukan pembinaan terhadap kadesnya khususnya didalam membuat pelaporan keuangan tiriwulan pertama.

Diterangkannya BPD tidak dapat mencairkan dana DAD pada triwulan berikutnya, selama laporan triwulan sebelumnya belum rampung. Diakuinya memang para kades, telah menyerahkan laporan pertanggung jawaban  keuangannya tiwulan pertama ke BPD melalui kecamatan.

Namun karena belum lengkap, sehingga berkas dikembalikan ke desa untuk dilakukan perbaikan. “Sejak kita serahkan untuk diminta perbaikan, sampai saat ini berkasnya belum ada yang masuk lagi. Jadi bagaimana kita mau mencairkan dana triwulan berikutnya, sementara laporan triwulan pertama belum juga diselesaikan,” bebernya.

Dijelaskannya, PMD tidak bisa menjemput bola karena di kecamatan ada perpanjangan tangan dari PMD, yaitu Kasi PMD. Sementara pihak PMD sifatnya hanya menunggu permintaan.

Agustinus menolak jika para kades dikatakan tidak mengerti terhadap pelaporan triwulan pertama, sebab pihaknya telah melakukan sosialisasi terhadap program DAD tersebut.  Ia juga menolak,  jika dikatakan bahwa PMD tidak berupaya untuk memperlancar keluarnya dana triwulan kedua dan ketiga tersebut.

Karena pihaknya telah beberapa kali menyurati para kades, agar melengkapi administrasi laporan penggunaan anggaran triwulan pertama. Namun sampai saat ini, belum juga diserahkan. “Menurut saya, ini karena pihak kecamatan kurang berperan aktif,”  tukasnya.

 

TEKS           : DIDING KARNADI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster