Penderita ISPA Dikuatirkan Meningkat

 211 total views,  2 views today

Ispa | net

Ispa | net

PALEMBANG – Sumsel mulai darurat kabut asap, pasalnya saat ini mulai terjadi kebakaran lahan di sejumlah kabupaten/kota bahkan puluhan titik api (hotspot) terpantau. Kondisi ini membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel kuatir, bakal banyak masyarakat yang terserang Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

“Banyak sekali kebakaran lahan, beberapa waktu ini. Pastinya akan banyak asap yang menyerang penduduk yang bertempat di sekitar daerah kebakaran lahan. Itu perlu diantisipasi, agar warga tidak banyak yang terkena ISPA ini,” kata Kepala Dinkes Sumsel, Lesty Nuraini saat dibincangi, Jumat (5/9).

Lesty menyebut pada 2012 lalu , tercatat ada 17.884 penduduk Sumsel yang terserang penyakit gangguan pernafasan, yang disebabkan asap kebakaran hutan dan lahan. Selain terserang ISPA, penduduk sekitar juga mengidap iritasi mata.

Data tersebut dicatat pada Agustus dan September 2012. Tercatat terjadi peningkatan yang sangat signifikan terhadap penderita ISPA, yang mencapai  17.884 orang. Parahnya, ISPA tahun lalu itu menyerang anak-anak,yakni ada 6.498 balita dibawah 5 tahun, dan 11.386 di atas 5 tahun.

“Kondisi 2012 lalu, bisa jadi akan sama jika kondisi asap akibat kebakaran semakin mengkhawatirkan. Bahkan apabila tidak ditangulangi secara cepat, dapat menyebabkan kematian,” terang Lesti.

Karena itu, Dinkes Sumsel tengah berkoordinasi dengan setiap Dinkes yang berada di 17 kabupaten/kota untuk mengantisipasi hal tersebut. Dinkes di kabupaten/kota nantinya, akan diminta untuk membagikan masker kepada masyarakat di wilayahnya.

“Masker itu penting, untuk antisipasi asap agar tak terhisap oleh individu. Karenanya kami mengarahkan agar setiap Dinkes bisa membagikan masker, ke berbagai titik rawan yang ada di Sumsel,”  tukasnya.

 

TEKS           : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster