Pagaralam Terima 82 Formasi CPNS

 101 total views,  6 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PAGARALAM – Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam menjadwalkan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi umum tahun 2014 secara online. Untuk jadwal penerimaan dimulai 8-22 September 2014, dapat diakses melalui website Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Menurut Wali Kota Pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni, dalam penerimaa CPNS kali ini, Pemkot Pagaralam menerapkan sistem CAT (computer assisted test) atau mengisi jawaban langsung didepan komputer. Kemudian hasil nilai tersebut bisa langsung diumumkan pada saai itu pula.

“Ya, sistem ini tentunya sangat menguntungkan karena proses penyeleksiannya berlangsung transparan. Sehingga rekrutmen dalam menghasilkan aparatur pemerintah benar-benar berkualitas. Selain itu cara ini tergolong lebih praktis dan murah, karena tidak banyak mengeluarkan biaya besar bagi pemerintah daerah,” kata Ida seraya berujar termasuk pula menepis berbagai asumsi dugaan-dugaan negatif dari masyarakat tekait seleksi CPNS yang akan diadakan.

Adapun pelaksanaan tes nantinya kata ida, sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yakni banyak meminjam lokal atau ruang disejumlah sekolah-sekolah yang ada. Namun dengan sistem CAT ini hanya menggunaan atau ruang yang terpusat di satu lokasi wilayah saja yakni bekerjasama dengan menggunakan laboratorium sekolah dalam hal ini pihak perguruan Muhammadiyah Kota Pagaralam.

“Kepada seluruh panitia terkait hendaknya dapat bekerja dengan baik, sehingga dapat menghasilkan produk yang baik pula,” ujarnya, kemarin (5/9).

Ditambahkan, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Pagaralam Imam Pasli SSTP MSi mengatakan, tahun ini Pemerintah Kota Pagaralam memastikan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi umum tahun 2014.

”Besarnya kebutuhan formasi pegawai yang diterima dan disetujui pihak pusat tahun ini sebanyak 82 orang dari 350 kuota yang diusulkan. Rincian formasi yang dibutuhkan seperti dari formasi Tenaga Teknis sebanyak 42 formasi, Tenaga pendidikan 14 formasi dan Tenaga Kesehatan sebanyak 26 formasi,” jelasnya.

Sistem rekrutmen CPNS kali ini lanjutnya, akan diterapkan tes komptensi dasar diantaranya tes wawasan kebangsaan, tes karakteristik pribadi, dan tes intelegensia umum. Sedangkan soal TKD disusundari tenaga ahli konsorsium 17 Perguruan Tinggi Negeri.

”Bagi pelamar hanya bisa mengikuti tes atau seleksi hanya di satu instansi atau daerah dengan tiga pilhan formasi jabatan. Artinya, bila sudah mendaftar secara online di suatu wilayah semisal Musi rawas maka bersangkutan tidak bisa mengikuti atau tertutup peluang mendaftar di daerah lainnya,” sebutnya.
Adapun untuk persyaratan khusus kata Imam, seperti SKCK, Kartu Kuning, Surat Keterangan kesehatan tidak diperlukan saat melakukan registrasi awal. Sementara saat melakukan registrasi awal di portal, hanya diperlukan nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Tanggal Lahir, Pilihan Instansi, dan diperlukan wajib memiliki alamat Email.

”Pengumuman seleksi administrasi dimulai sejak 30 September hingga 4 Oktober 2014, sedangkan jadwal tes akan dikoordinasikan kemudian bersama Panselnas dan Panselda. Berharap tahun ini penerimaan CPNS lebih baik dari tahun lalu, sehingga benar-benar menghasilkan aparatur negara yang profesional dan berkualitas,” katanya.

TEKS:ANTONI STEFEN
EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster