Padamkan Kebakaran Lahan, Korem Tunggu Permintaan Pengerahan Pasukan

 711 total views,  2 views today

 

Komanda Korem (Danrem) 044Gapo, Kol Inf Suko Basuki. Foto ; Bagus Kurniawan

Komanda Korem (Danrem), Kol Inf Suko Basuki. Foto ; Bagus Kurniawan

PALEMBANG – Kebakaran lahan mulai terjadi di Sumatera Selatan (Sumsel), sehingga menyebabkan kabut asap. Bahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, sudah mulai melakukan water boming, untuk memadamkan api.

Komando Rayon Militer (Korem) 044/Garuda Dempo (Gapo), akan mem back up pemadaman tersebut. Namun menurut Komanda Korem (Danrem) 044/Gapo, Kol Inf Suko Basuki, sampai saat ini belum ada permintaan untuk pengerahan pasukan guna pemadaman kebakaran lahan tersebut.

“Kalau untuk penanggulangan asap, BPBD sudah mengirim bom air. Otomatis di daerah membantu. Kita masih menunggu kalau ada permintaan untuk pengerahan pasukan, “ kata Basuki yang dibincangi usai serah terima jabatan (Sertijab) sejumlah perwira menengah di lingkungan Korem Gapo di Balai Prajurit, Palembang, Jumat (5/9).

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Penanggulangan Kabut Asap Sumsel ini menegaskan, kapan pun ada permintaan pengerahan pasukan untuk pemadaman kabakaran lahan maka Korem Gapo, siap melakukannya.

“Seperti stetmen gubernur, tahun lalu Sumsel memang pengeskpor asap. Tetapi tahun ini, tidak. Saya percaya dengan stetmen tersebut, sekarang mulai dari Bintara Pembina Desa (Babinsa), Koramil, dan Kodim siap membantu pemadaman jika ada permintaan,” tegasnya.

Sementara itu, kemarin sejumlah perwira menengah dilingkungan Korem Gapo di rolling dari jabatannya. Sejumlah jabatan strategis diserahterimakan jabatannya antara pejabat baru dengan yang lama, diantaranya Dandim 0403/OKU dari Letkol Inf Imanulhak ke Letkol Inf Feksy Dimunry Angi.

Letkol Inf Imanulhak  akan menjabat sebagai Kasrem 044/Gapo menggantikan Letkol Inf Soleh. Soleh sendiri, akan menjabat sebagi Wakil Danrindam II Sriwijaya. Hal yang sama juga terjadi pada jabatan Kasi Intel dari Letkol Inf M Mahuraja Situmorang diserahterimakan kepada Mayor Inf Seprianizar, yang sebelumnya menjabat sebagai Pabandiya Lid Sinteldam II/Sriwijaya. Mahuraja Situmorang sendiri, akan menjabat Pabandiya Komsos Sterdam II/Sriwijaya.

Kemudian Letkol Inf Drs Arief Darmawan yang sebelumnya menjabat Itdaben Irdam II/Sriwijaya menjadi Kasilog Korem Gapo menggantikan Letkol Czi Subur Raharjo Czi Subur Raharjo, menjabat Pabandiya Logwil Slogdam II/Sriwijaya.

“Sertijab sesuatu hal yang wajar berlaku di TNI AD, Korem. Suatu perputaran untuk menuju jenjang lebih tinggi. Yang lain-lain biar dinamis. Tidak ada yang khusus, yang baru dilantik saya yakin memberikan yang terbaik. Contoh Kasrem yang baru, dia tahu apa-apa di Korem, Kasi Intel juga putra daerah sudah tahu karakteristik Sumsel, Kasilog dari Irdam,” ungkap Basuki.

 

TEKS          : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR        : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster