Ada Ban Bekas, Lahan Sengaja Dibakar

 323 total views,  2 views today

Maskar, petugas PBK OI saat menunjukan ban bekas yang terbakar. Diduga lahan tersebut sengaja dibakar.

Maskar, petugas PBK OI saat menunjukan ban bekas yang terbakar. Diduga lahan tersebut sengaja dibakar.

INDERALAYA  – Sebuah lahan tepatnya di sisi Jalan Lintas Timur (Jalintim), Palembang-Inderalaya, KM 34, Kota Indralaya terbakar. Kebakaran lahan tersebut diduga disengaja lantaran terdapat tumpukan ban bekas di area lahan terbakar.

Api yang berkobar sejak pukul 14.00 WIB, membuat jalan dari Timbangan 32, menuju Pasar Indralaya diselimuti kabut asap. Api membesar hingga ke sisi jalan.

Pengguna jalan baik roda dua, empat atau lebih yang melintas harus ekstra hati-hati lantaran jarak pandang berkurang. Untuk memadamkan api, dua unit mobil PBK milik Pemkab OI diterjunkan.

Setelah padam, petugas PBK sengaja menyusuri area lahan terbakar. Saat itu, petugas PBK menemukan tumpukan ban bekas yang diduga sebagai bahan untuk membakar lahan tersebut.

Wakil Danru PBK OI, Maskar mengatakan, pihaknya menemukan tumpukan ban bekas di beberapa sisi di area lahan yang terbakar.

Menurutnya, hal tersebut membuktikan, lahan-lahan tersebut sengaja dibakar oleh pemiliknya. “Ini sangat dilarang, tidak boleh lahan dibakar karena akan membahayakan pengguna jalan,” ungkapnya.

Lanjutnya, kepulan asap menyelimuti Jalintim dan mengakibatkan jarak pandang berkurang. “Pasti jarak pandang berkurang dan ini sekali lagi sangat berbahaya” ujarnya.

Andre (30), warga Sakatiga yang melintas mengatakan, jika lahan sengaja dibakar, pihaknya meminta pihak terkait untuk menangkap orang tersebut.

“Harus ditangkap lah Mas. Ini sudah ingin mencelakakan orang. Kalau tabrakan, siapa yang disalahkan,” sesalnya.

Hal senada juga diungkapkan Susi (23), warga Inderalaya, Menurutrnya, selain membahayakan pengguna jalan, akibat asap yang ditimbulkan menyebabkan penyakit saluran pernapasan.

“Tenggorokan perih, belum lagi kalau kena mata. Kalau mau buka lahan, ya jangan dibakar. Kasihan orang di sekitarnya. Saya berharap, yang bakar lahan ditindak,” pungkasnya.

 

Teks  : Junaedi Abdillah

EDITOR : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster