Pelantikan Dewan Diwarnai Bentrokan, Ratusan Massa Kepung DPRD Muba

 285 total views,  2 views today

Ratusan Massa Mengepung Kantor DPRD Muba | Beritamuba.com

Sejumlah massa saling dorong dengan pasukan keamanan, dalam simulasi pengamanan pelantikan anggota DPRD Muba, Kamis (4/9). Foto: ist

SEKAYU – Pelantikan anggota DPRD Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) periode 2014-2019,  Kamis (4/9), diwarnai bentrokan antara massa dengan aparat kepolisian yang menjaga gedung wakil rakyat tersebut.

Pantauan Kabar Sumatera, ratusan massa ini datang menggunakan sejumlah kendaraan. Mereka kemudian mengepung kantor dewan. Dalam aksinya, mereka meminta pelantikan anggota DPRD Muba tersebut, dibatalkan.

Namun kedatangan ratusan massa ini, sudah diantisipasi oleh aparat keamanan yang merupakan gabungan dari Kepolisian Resort (Polres) Muba, Kodim 0401 Muba dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP).

Massa yang coba merengsek masuk ke dalam gedung dewan, untuk membubarkan pelantikan langsung dihadang petugas yang membentuk pagar betis. Kondisi itu, ternyata tidak membuat nyali ratusan massa ciut. Justru mereka semakin beringas.

Sehingga terjadi aksi dorong-dorongan antara massa dengan petugas. Massa yang gagal masuk ke dalam gedung dewan, semakin emosi. Mereka pun melempari petugas, sementara massa lainnya terlihat membakar ban bekas, sehingga asap hitam mengepul ke udara.

Melihat situasi yang kian tidak terkendali, water canon yang sudah disiagakan langsung menyemprotkan air ke arah massa sehingga membuat massa buyar. Petugas langsung memukul mundur massa, sehingga keadaan di kawasan DPRD Muba mulai terkendali.

Kejadian tersebut, bukanlah kejadian sebenarnya. Itu adalah simulasi pengamanan pelantikan anggota DPRD Muba yang digelar Polres Muba bersama Kodim 0401 Muba dan Sat Pol PP.

“Bentrokan tersebut, adalah bagian sekanario simulasi yang kita lakukan. Ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, saat pelantikan anggota DPRD Muba periode 2014-2019,” kata Kepala Polres Muba, AKBP Iskandar F Sutisna ketika dibincangi usai simulasi.

Saat pelantikan anggota DPRD Muba nanti terang Iskandar, Polres Muba akan menerjunkan 470 personil dan diback up oleh 31 personil TNI serta 60 personil Sat Pol PP Muba. Nantinya jelas Iskandar, pengamanan dilakukan dalam tiga ring.

“Ring pertama di dalam gedung dewan, ring kedua di halaman DPRD dan ring ketiga di luar gedung dewan. Semua tamu dan undangan yang masuk, nantinya akan kita periksa menggunakan metal detector,” bebernya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Muba, HM Sayuti menyebut, anggota DPRD Muba periode 2014-2019 sesuai jadwal akan dilantik pada 11 September mendatang. “Semua persiapan telah kita lakukan, undangan sudah kita cetak dan tinggal disebar,” tukasnya.

 

TEKS          : BAGUS SANTOSA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster