“LSM dan Ormas Perjuangkan Masyarakat”

 348 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PRABUMULIH – Guna lebih mengintensifkan peran serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Massa (Ormas) diperlukan suatu dialog menambah pengetahuan dan kerjasama yang baik dengan Pemerintah. Karena itu dilaksanakan sosialisasi Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan yang dilaksanakan di ruang pertemuan Praja Husada Rumah Sakit Umum Kota Prabumulih yang diikuti sebanyak 80 peserta terdiri dari LSM dan Ormas, Kamis (4/9).

Kepala Kantor Kesbang Linmas Martodi menyebutkan diselenggarakannya sosialisasi Undang-undang Nomo 17 Tahun 2013 ini adalah meningkatkan pemahaman UU Nomor 17 Tahun 2013 di kalangan LSM dan Ormas. Sehingga dapat memahami peran serta tugas agar terciptanya kesepahaman antara LSM, Ormas, dengan Pemerintah Kota Prabumulih.

Wali Kota Prabumulih yang diwakili Asisten 3 Sekda Prabumulih M Yusuf Arni, menyebutkan, dalam perjalanan kehidupan politik nasional khususnya usai reformasi. Isu utama yang muncul kepermukaan adalah persoalan-persoalan yang menyangkut demokratis.

Secara faktual perkembangan sistem politik belum sepenuhnya mencapai keseimbangan yang ideal sehingga masih menyisakan banyak persoalan yang harus ditangani.

“Dan, idealnya adalah sistem politik kita kedepan memang harus diarahkan untuk menjami terselenggaranya sistem pemerintahan presidensial yang efektif sekaligus terwujudnya sistem perwakilan yang demokratis dan sisten kepartaian yang berbasis partai sederhana. Untuk itu sambil menunggu penataan sistem politik penyempurnaan UU bidang politik, berbagai program pembangunan dilaksanakan dengan tiga kelompok besar program yakni politik dalam negeri, hubungan luar negeri serta komunikasi dan informasi,” Yusuf mengakhiri sambutannya.

Sementara Kakan Kesbang Linmas kepada Kabar Sumatera mengatakan, bahwa pelaksanaan sosialisasi UU Nomor 17 Tahun 2013 ini untuk mengayomi dan membantu para LSM dan Ormas dalam menjalankan roda organisasinya.

“Itu diatur menurut undang-undang dan untuk itu dengan adanya sosialisasi ini diharapkan kepada LSM dan Ormas agar dapat memposisikan diri di tengah-tengah masyarakat dan memperjuangkan kepentingan masyarakat agar masyarakat tidak merasa dipinggirkan,” ujar Martodi.

 

TEKS   : IRSAN MATONDANG

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster