Komplotan Bandit Lintas Daerah Dibekuk

 260 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PAGARALAM – Setelah sekian lama menjadi target operasi (TO) kriminal lintas daerah, Endang (28), warga Tebat Baru Ilir, Kelurahan Tebat Giri Indah, Kecamatan Pagaralam Selatan, akhirnya berhasil dibekuk oleh gabungan Reskrim dari Diskrimum Subdit III Jatanras Polda Sumsel, dibantu anggota Polres Pagaralam dan Polsek Pagaralam selatan.

Proses penangkapan tersangka yang terlibat sejumlah kasus kejahatan tersebut, kemarin (3/9) sekitar pukul 13.00 WIB, di kediaman tersangka di Tebat Baru Ilir Kelurahan Tebat Giri Indah Kecamatan Pagaralam Selatan, dibawah Pimpinan Direktur Reserse Kriminal Umum (Diskrimum) Kasubid III Polda Sumsel Kompol FX Winardi Prabowo SIk, dibantu anggota Reskrim Polres Pagaralam dan Polsek Pagaralam Selatan.

Terkangkapnya tersangka Endang, bermula saat anggota Jatanras mendapatkan informasi tentang keberadaan tersangka yang sudah lama menjadi DPO. Pada saat digerebek, tersangka Endang sedang tidur siang, sehingga tidak bisa berkutik lagi saat anggota menyergapnya.

Berdasarkan informasi yang didapat, TO (target operasi) Jatanras Polda Sumsel ini diketahui terlibat sejumlah kasus kejahatan, mulai dari pencurian dengan pemberatan (Curat) dan juga Curas. Selain itu komplotannya tak segan-segan melukai para korbannya, termasuk di wilayah hukum Polres Pagaralam.

Kapolres Pagaralam AKBP Saut P. Sinaga SIk, melalui Kapolsek Pagaralam Selatan Iptu Wantoro, didampingi Kanitreskrim Ipda Zaldi dan Kanit Pidum Ipda Ramayuda membenarkan adanya penangkapan terhadap tersangka Endang yang diduga pemain lama dan terlibat kasus kejahatan di sejumlah TKP di wilayah hukum Polres Pagaralam, kerap meresahkan masyarakat.

“Pengakuan tersangka Endang, dirinya terlibat sejumlah kasus pencurian di wilayah Pagaralam dan memang sejak beberapa tahun ini menjadi DPO Jatanras Polda Sumsel, karena kerap melakukan tindak kriminalitas, tidak hanya di Pagaralam,” kata Wantoro.

Selain itu lanjutnya, pengakuan tersangka Endang juga sering beroperasi di wilayah hukum Polres Pagaralam, seperti Curat, Curas dan terlibat pencurian kendaraan roda empat (Curanmor, red).

“Ya, tersangka pernah mencuri beberapa mobil di Kota Pagaralam, motor serta batere dan kabel tower BTS (Base Transceiver Station) di lima lokasi terpisah. Salahsatunya di Nendagung dan wilayah Pagaralam lainnya,” ungkapnya.

Usai pemeriksaan (BAP-red) di Polsek Pagaralam Selatan, tersangka Endang langsung digelandang ke Polda Sumsel guna melakukan penyidikan lebih lanjut. Mengingat tersangka sudah banyak melakukan tindak kriminalitas disejumlah daerah lainnya.

“Penangkapan tersangka kemudian akan kita kembangkan lebih lanjut kasusnya guna mengungkap sejumlah tersangka lain yang ikut terlibat dalam komplotan Endang,” ujarnya.

 

TEKS  : ANTONI STEFEN
EDITOR : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster