Muba Bakal Miliki Akademi Penerbangan

 261 total views,  2 views today

267ihgu3

Foto : Google Image

SEKAYU – Sumatera Selatan (Sumsel), bakal memiliki akademi penerbangan. Akademi penerbangan yang disebut SKY Pilot Academy (SPA), bakal berdiri di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

SPA tersebut didirikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba bekerjasama PT Eagle Avia Nusantara (EAN) dan Maskapai Penerbangan Nusantara, City Link. Ini terungkap dalam rapat pembentukan SPA di ruang rapat Pemkab Muba, Selasa (2/9).

Sekretaris Daerah (Sekda) Muba, H Sohan Majid menyebut, pembentukan SPA tersebut adalah salah satu upaya Pemkab Muba untuk mengoptimalkan kembali fungsi Lapangan Terbang (Lapter) Sekayu.

“Lapter Sekayu, sudah berdiri sejak 10 tahun lalu. Awalnya, lapter tersebut untuk memantau lokasi perkebunan, daratan dan perairan di Kabupaten Muba melalui udara. Namun fungsi lapter itu, harus kita optimalkan kembali. Karenanya, saat ini sarana dan prasarana disana akan dioptimalkan kembali,” terang Sohan.

Sohan tidak menampik, saat ini fungsi lapter tidak berfungsi optimal. Karenannya untuk mengaktifkan kembali fungsi lapter tersebut, sebagai sarana transportasi udara maka sesuai instruksi Bupati Muba, didirikan akademi penerbangan.

“Kami mengimbau kepada dinas terkait, untuk segera mengfungsikan kembali Lapter Sekayu. Selain tentunya penjajakan kerjasama ini, dapat dilaksanakan dengan baik. Dengan harapan, kedepan Muba memiliki SDM Penerbangan asli putra-putri Muba dan sarana transportasi udara yang terdepan,”  jelasnya.

Ia mengimbau, terkait untuk pengelolaan nantinya sangat ideal dapat melibatkan instansi daerah, dan pihak BUMD dari Kabupaten Muba.

Sementara itu perwakilan PT EAN, Hengki Sunardi, dalam paparannya menyebut untuk pengembangan Lapter Sekayu untuk menjadi bandara, dan pembentukan SPA, pihaknya akan menggandeng City Link, yang merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia.

“Jalinan kerjasama ini tak lain untuk pengembangan bandara, dengan mengembangkan teknologi penerbangan, pendidikan penerbangan, pramugari, airlines staff, dan aviation security serta teknik penerbangan. Diharapkan kerjasama ini dapat terwujud sesuai dengan berfungsi lapter yang ada di Muba,” tukasnya.

TEKS              : BAGUS SANTOSA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster