ISPA Mendominasi di Puskesmas

 242 total views,  2 views today

7n53d1p6

Foto : Google Image

PALEMBANG – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, Anton Suwindro menghimbau agar masyarakat di Kota Palembang, dapat meningkatkan pola hidup bersih dan sehat yang berguna untuk menekan angka penderita Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA).

Pasalnya dari Juli-Agustus 2014, penyakit yang paling mendominasi adalah ISPA. Anton mengatakan, berdasarkan data dari 39 Puskesmas di Palembang, pada Juli lalu, penderita Ispa mencapai 16.511 kasus.

Sementara di bulan Agustus penderita Ispa menurun menjadi 14.657 kasus.  “Walaupun angkanya menurun 1854. Tapi,  jumlah itu masih tinggi. Untuk menekan angka penderita ISPA diperlukan pola hidup bersih dan sehat,”kata Anton, Selasa (2/9).

Anton menyebutkan, selain Ispa ada lagi penyakit lainnya seperti, hipertensi yang angka penderitanya mencapai 5.469 kasus di Juli, sementara di Agustus menurun menjadi 4868 kasus.

Selain ISPA, penyakit yang mendominasi lainnya adalah penderita gastritis atau gangguan pencernaan, influenza dan diare. Anton mengaku, setiap Puskemas di Palembang, semuanya memiliki pasien penderita ISPA. Sementara untuk diare, kecil. “Memang ada penderita diare. Tetapi tidaklah terlalu tinggi. Yang banya ISPA,” ujarnya.

Menurut Anton, pola hidup sehat dan bersih, sangatlah penting dalam kehidupan. Karena penyakit Ispa di pengaruhi faktor lingkungan dan kondisi cuaca serta pola makan yang kurang sehat juga mempengaruhi terjadinya penyakit infeksi pada pernapasan itu.

“Hidup sehat dan bersih itu seperti, makan-makanan empat sehat lima sempurna, perbanyak minum air putih, dan yang terpenting lingkungan pemukiman harus bersih. Mudah-mudahan, penyakit tidak akan datang,” imbuhnya.

Anton menambahkan, untuk menjaga kekebalan tubuh, masyarakat juga dihimbau untuk melakukan aktivitas olahraga dan istirahat yang cukup, agar daya tahan tubuh kuat dan tidak mudah terserang penyakit. “Kami akan berusaha mensosialisasikan itu, apalagi sebentar lagi akan pancaroba atau perubahan musim,” tukasnya.

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster