Angka Perceraian Meningkat, Setiap Bulan Ada 20-25 Kasus

 299 total views,  2 views today

Angka-Perceraian-Meningkat

Foto : Google Image

PALEMBANG – Angka perceraian di Palembang mengalami peningkatan. Pengadilan Agama (PA) Palembang mencatat, sepanjang tahun ini ada 1380 kasus perceraian atau meningkat 100 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

“Berdasarkan data dari bulan Januari hingga awal September,  angka perceraian sebanyak 1380 kasus. Kebanyakan pasangan yang mengajukan gugatan cerai tersebut, adalah pasangan muda dengan usia 30 tahun  kebawah,” kata Kepala PA Palembang, Syamsul Bahri saat dibincangi,usai mengikuti Rapat Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Palembang, di ruang rapat II Sekretariat Daerah (Setda) Palembang, Selasa (2/9).

Syamsul mengatakan, banyak alasan mengapa pasangan muda itu bercerai. Misalnya, permasalahan dalam rumah tangga, perselingkuhan, ekonomi, etika berkeluarga yang belum dipahami, tidak saling menghargai hingga urusan seksual. Syamsul mengaku, setiap bulan PA menerima 20 sampai 25 kasus perceraian.  “Yang paling banyak mengajukan gugatan cerai, adalah pihak wanita.

Ia menerangkan, walaupun perceraian didominasi oleh pasangan muda tetapi tidak semua pasangan yang menikah muda, berakhir pada perceraian. Menurutnya, banyak juga pasangan muda yang sanggup bertahan dan membuktikan bahwa pernikahan masih memiliki kesucian didalamnya. Itu semua ungkapnya, tergantung pribadi masing-masing, siap atau tidak.

Bagaimana dengan hak asuh ? Syamsul menyebut, jika usia anak masih dibawa 13 tahun maka usia asuh akan diserahkan kepada ibunya. Namun jika ibunya tidak mampu membiayai atau dari segi akhlak kurang baik, maka hak asuh akan diserahkan pada ayahnya. “Kasus seperti ini sering terjadi dalam perceraian,” bebernya.

Menanggapi ini, Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengaku prihatin.  “Angka 1380 itu tinggi. Harapan kami jangan sampai ada perceraian, kalau bisa dibicarakan baik-baik jika ada persoalan dalam keluarga. Komunikasi dalam keluarga itu, penting. Kami akan sosialisasikan ini ke masyarakat, sehingga kasus perceraian di Palembang bisa turun,” tukasnya.

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster