Visa Belum Keluar, Puluhan CJH Terancam Gagal Berangkat

 216 total views,  2 views today

Ilustrasi Jemaah Haji | Bagus Park

Ilustrasi Jemaah Haji | Ist

PALEMBANG – Sebanyak 450 Calon Jamaah Haji (CJH) kelompok terbang (kloter) pertama, hari ini Selasa (2/9), akan diterbangkan menuju tanah suci, Mekkah. Mereka kemarin (1/9), sudah memasuki asrama haji.

Kloter pertama ini berasal dari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al Hikmah serta KBIH Mandiri. “Semua CJH tersebut, sudah masuk ke asrama haji,” kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Sumsel, H Hambali, kemarin.

“Ada dua yang belum bisa dipastikan berangkat, karena visanya belum keluar dari kedutaan. Itu terjadi karena gagal sistem yang berakibat tertundanya visa, namun jika visa nya sudah keluar mereka akan diberangkatkan sesuai jadwal,” terang Hambali.

Menurutnya, sebanyak 63 CJH Sumsel serta 600 CJH secara keseluruhan di Indonesia mengalami kegagalan sistem visa tersebut. “Untuk kloter 1, ada dua orang yang visanya belum keluar. Jika sampai besok (keberangkatan), belum juga keluar terpaksa kita memberangkatkan 448 CJH terlebih dahulu. Sedangkan dua lainnya, kita berangkatkan pada kloter berikutnya,” ucapnya.

Selain kloter 1, CJH yang berangkat pada Kloter 2 juga mengalami hal serupa. Sebanyak dua orang diantara 450 CJH tersebut masih menunggu nasib visa mereka. “Untuk kloter 3 asal Pagaralam cukup banyak, yakni 22 CJH. Sekali lagi, ini bukan kesalahan dari (Kemenag) Sumsel, jadi jangan sampai salah paham dan salah berita,” tegasnya.

Untuk langkah awal lanjutnya, Kemenag Sumsel telah berkoordinasi dengan Kemenag RI serta Direktorat Jendral (Dirjen) Haji. Tak hanya itu, agar para CJH maupun keluarga tidak kecewa, Kemenag Sumsel pun telah memberikan sosialisasi dan menghubungi untuk tetap bersabar mengingat pemerintah pusat, mengupayakan visa tersebut.

“Insya Allah visa itu bisa keluar. Saat ini memang kondisinya darurat, lantaran sudah berdasarkan jadwal keberangkatan,” imbuhnya.

Mengenai keberangkatan hari ini, Hambali mengimbau jika proses pelepasan CJH dilakukan langsung Gubernur Sumsel di Asrama Haji, Palembang sekitar pukul 09.00 WIB. Sementara CJH Kloter 1, akan diberangkatkan dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, pukul 13.30 WIB.   “Untuk kloter pertama, 450 jemaah tersebut didampingi petugas Kuwat Sumarno, Muazni, Fahrul Rahman Zainal, Lenni Sakir Yasani, Lisma Nuryati,” tukasnya.

 

TEKS        : IMAM MAHFUZ

EDITOR      : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster