Polda Sumsel Buru Pelaku Pembakaran PT Galtam

 282 total views,  2 views today

 

PALEMBANG – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel), menurunkan satu kompi pasukan brigade mobil (Brimob), untuk memburu Pelaku Pembakaran PT Galtam di Desa Lubukmas Ulu Rawas Musi Rawas Utara (Muratara).

Hal ini disampaikan Kepala Bidang hubungan masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumsel, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) R Djarod Padakova, saat ditemui diruangannya. “Saat ini, anggota Brimob Polda Sumsel sudah berangkat ke sana. Mereka akan membantu aparat kepolisian setempat mencari keberadaan pelaku pembakaran,” jelasnya, Senin (1/9).

Saat ini, lanjut Djarod, sudah ada empat warga yang diamankan. Keempatnya diamankan karena membawa alat pembakaran dan diduga sebagai provokator. Kini, keempatnya terus diperiksa itensif di Polres Musi Rawas (Mura).

Masih kata Djarod, mengingat seringnya terjadi pembakaran di Muratara, Polda Sumsel akan menyiagakan Polsek setempat. Ini dilakukan sembari menunggu resminya terbentuk Mapolres Muratara yang sampai saat ini belum juga ada.
Lahan menjadi alasan mengapa Mapolres Muratara belum bisa dibentuk. “Kita masih mencari lahan untuk membangun Mapolres Muratara. Untuk itu, kita akan siagakan polsek setempat dan sementara dibantu Mapolres Mura jika ada kejadian besar,” kata Djarod.

Terkait penyebab pembakaran, Djarod mengungkapkan warga emosi karena tuntutan mereka tidak dipenuhi oleh PT Galtom. Mereka menuntut adanya pemberdayaan untuk para pegawai, namun belum bisa dipenuhi pihak perusahaan hingga akhirnya warga anarkis. “Ini sangat kita sayangkan dan sudah termasuk ranah pidana. Kita akan mencari warga lain yang dinilai provokator dari aksi pembakaran ini,” tutur Djarod.

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Galtom dibakar oleh sejumlah warga dan mengakibatkan beberapa aset macam kamp bagian dalam dan pos keamanan hancur. Perusahaan di bidang penambangan seng itu belum beroperasi karena masih membuat akses masuk ke lokasi.

TEKS     : OSCAR RYZAL
EDITOR    : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster