Muaraenim Kekurangan Guru SMA

 385 total views,  2 views today

Ilustrasi Guru | Ist

Ilustrasi Guru | Ist

MUARAENIM – Kabupaten Muaraenim sampai saat ini,  masih kekurangan guru untuk SMA. Setidaknya itu, terlihat di empat SMA sederajat yang ada di Kecamatan Kota Muaraenim. Keempat sekolah tersebut yakni SMA Negeri 1, 2, SMK Negeri 1 dan 2.

“Memang kita akui, untuk Kota Muaraenim masih kekurangan guru ditingkat SMA sederajat khususnya empat sekolah,” kata Asisten III Administrasi Umum Pemkab Muaraenim, Ibrahim Ilyas ketika dibincangi, Senin (1/9).

Di SMA Negeri 1 jelas Ibrahim, kekurangan guru sebanyak 13 orang untuk guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, ekonomi akutansi, kesenian, keterampilan, TIK, iqro atau Bahasa Arab, pertanian, matematika, fisika dan bimbingan konseling.

Sementara di SMA Negeri 2, kekurangan delapan guru untuk mata pelajaran PKN, sosiologi, kesenian, pertanian dan  BP/BK. Sedangkan di SMK Negeri 1, kekurangan 18 guru untuk mata pelajaran PPKN, kesenian, TK, TKJ, akutansi, mulok, Bahasa Inggris, bimbingan konseling, administrasi perkantoran dan perangkat lunak.

“Terakhir di SMK Negeri 2, masih kurang 14 guru untuk pelajaran kesenian, TIK, IPA, teknik pengelasan, teknik permesinan, teknik perkayuan, teknik batu beton, teknik gambar bangunan, instalasi listrik, survey dan pemetaan, dan busana butik. Sehingga totalnya untuk wilayah Kecamatan Muaraenim, masih kekurangan 45 guru,” bebernya.

Menyikap hal ini, menurut Ibrahim, pihaknya memecahkan masalah dengan menerima mutasi guru dari sekolah lain, sesuai dengan mata pelajaran yang kekurangan guru. Selain itu, kekurangan guru ini juga ditutupi dengan melakukan rekrutmen guru honorer.

“Kita juga menghimbau untuk guru-guru, yang mengajar kurang dari 24 jam pelajaran agar mengusulkan mutasi ke sekolah yang kekurangan guru. Merekalah nantinya, yang akan kita tempatkan untuk menutupi kekurangan guru tersebut,” tukasnya.

 

TEKS           : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster