Ketersedian Air Bersih Tergantung Masyarakat

 269 total views,  2 views today

Ilustrasi | Ist

Ilustrasi | Ist

PALEMBANG – Pakar Lingkungan Palembang, Hilda Zulkipli menyebutkan, ketersediaan air bersih di metropolis, sangat tergantung dari peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan, serta keseimbangan ekosistem air.

“Kalau masyarakat membuang sampah di sungai, otomatis kualitas air sungai akan tercemar. Sementara air Sungai Musi merupakan bahan baku, dalam pengolahan air bersih yang akan disalurkan ke masyarkat,” kata Hilda belum lama ini.

Hilda mengatakan, apabila kualitas air baku tidak baik, maka bukan tidak mungkin distirbusi air bersih dari PDAM Tirta Musi kepada pelanggan akan terganggu. “Siapa yang akan dirugikan, jawabnya adalah masyarakat. Oleh itulah, masyarakat merupakan penikmat air bersih, wajib menjaganya. Jangan malah sebaliknya,” imbuhnya.

Selain masyrakat, yang memiliki tanggungjawab untuk menjaga kualitas air baku agar tetap baik adalah perusahaan, dengan cara menyediakan tempat pembuangan limbah. “Mungkin ada saja, perusahaan yang membuang limbahnya kesungai. Oleh itulah, hal itu menjadi tanggungjawab pemerintah untuk melakukan pengawasan. Semua lapisan harus menjaganya,” ujarnya.

Hilda menilai, saat ini ketersedian air bersih dari PDAM Tirta Musi untuk pelanggannya sudah baik. Sebutnya, apabila semua lapisan bisa menjaga kualitas air baku tetap bersih dan tidak tercemar, dipastikan distribusi air bersih tetap terjaga. “Semua pihak harus dapat menjaga ketersediaan air baku. Jangan dicemari. Sehingga dapat dikelola menjadi air siap minum,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala bagian Pembangunan, Sekretariat Daerah (Setda) Palembang, Zulkarnain mengatakan, kebutuhan air baku sangatlah penting, pemkot berharap peran serta masyarakat dan pihak terkait dapat menjaga air sungai yang merupakan bahan baku untuk menghasilkan air bersih.

“Kami harapkan kesadaran masyarakat akan terus tumbuh dalam menjaga lingkungan terutama sungai Musi. Karena air Sungai Musi, tempat utama yang dijadikan bahan air bersih,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR       : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster