Truk Batubara bak Raja di Jalan

 221 total views,  2 views today

Truk Angkutan Batubara | Dok KS

Truk Angkutan Batubara | Dok KS

MUARAENIM – Walau sudah dilarang melntas di jalan umum, tetap saja banyak truk yang mengangkut batubara membandel dan menentang larangan yang dikeluarkan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin tersebut.

Pantauan Kabar Sumatera, Minggu (31/8), disepanjang Jalan Lintas Tanjung Enim-Muaraenim, ditemukan banyak angkutan batubara melintas. Saat melintas, umumnya truk angkutan batubara ini berjalan secara konvoi atau beriringan.

Kondisi ini dikeluhkan masyarakat, karena menganggu pengguna jalan lainnya. Iskandar (45), warga Tanjung Enim yang dibincangi, kemarin menyebut biasanya saat melintas di ruas Jalan Lintas Tj Enim-Muaraenim, angkutan batubara ini melakukan konvoi. “Biasa lebih dari empat truk tonase besar, yang konvoi. Sehingga kendaraan dibelakangnya, tidak bisa mendahlui,” keluhnya.

“Mereka itu seperti raja jalanan saja, tidak pernah mau mempedulikan pengguna jalan lain. Saya sendiri sering terjebak diantara konvoi truk pengangkut batubara ini, saat melintas di kawasan Karang Raja, Muaraenim. Mereka itu, seperti raja saja di jalan,” jelasnya.

Harusnya kata Iskandar, konvoi truk pengangkut batubara ini ditindak oleh petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Muaraenim. Sebab keberadaan konvoi truk batubara itu, sudah menganggu pengguna jalan lainnya.  “Sayangnya, sampai saat ini tidak ada tindakan tegas dari kepolisian maupun Dinas Perhubungan (Dishub) terhadap konvoi truk pengangkut batubara tersebut,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan Tomi (33), yang dibincangi saat melintas di kawasan Karang Raja, Muaraenim. Ia mengaku dibuat kesal dengan banyaknya angkutan batubara yang melintas. “Mereka itu salah satu penyebab kerusakan jalan di Muaraenim, harusnya ada tindakan tegas dari aparat,” tukasnya.

 

TEKS          : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster