Polda Sumsel Ancam Jemput Paksa Tersangka Tipikor Proyek Cetak Sawah

 354 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG –   Subdit III Ditreskrimsus Polda Sumsel dapat surat keterangan sakit dari dokter yang merawat Madian (51), tersangka dugaan tipikor proyek cetak sawah Dinas Pertanian dan Perkebunan (DPP) Banyuasin, Selasa (26/8/2014). Padahal Polda Sumsel rencananya akan melimpahkan kasus Madian (51) ke Kejati Sumsel, hari ini.

“Sudah kita beritahukan untuk datang Selasa (26/8/2014), namun yang bersangkutan mengirimkan surat keterangan sakit psikologis yang dikirim melalui pengacaranya. Sebab itu, pelimpahan yang bersangkutan ke Kejati Sumsel tertunda,” kata Kasubdit III Ditreskrimsus Polda Sumsel, AKBP Imran Amir.

Dari surat yang dikirimkan itu, lanjut Imran, Madian meminta waktu dua hari. Alasannya, ia masih harus menjalani perawatan. Itu sebabnya, Imran mengagendakan pelimpahan Madian ke Kejati Sumsel pada Kamis (28/8/2014) nanti.
Meski demikian, Imran dan pihaknya tidak akan berpatokan pada surat keterangan sakit yang dikirimkan Madian.

Ditegaskan Imran, pihaknya akan mengirimkan tim kedokteran dari Polda Sumsel untuk memantau langsung kondisi kesehatan Madian. Jika diketahui alasan Madian mengada-ada, Madian akan dijemput paksa.

“Kita akan kembali melayangkan surat panggilan. Jika dia kembali mangkir dengan tanpa alasan jelas, kita akan panggil paksa,” kata Imran.

Seperti diketahui, kasus dugaan tipikor proyek cetak sawah DPP Banyuasin muncul setelah penyidik Polres Banyuasinmenduga adanya penyunatan dana proyek.

Dana itu, dari hasil pemeriksaan, tidak sesuai dengan fungsinya hingga merugikan negara senilai Rp 3,32 miliar itu. Proyek ini menggunakan anggaran APBN program Bansos 2012 senilai Rp 18 miliar. Madian sendiri, saat kasus ini ada, menjabat sebagai Kepala DPP Banyuasin.

“Untuk Madian, kita sudah menyita uang tunai senilai Rp 1 miliar lebih. Untuk harta benda, belum ada yang kita sita,” kata Imran.
TEKS    : OSCAR RYZAL
EDITOR   : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster