Kompos Gantikan Pupuk Kimia

 318 total views,  2 views today

Ilustrasi Pupuk Kompos | Ist

Ilustrasi Pupuk Kompos | Ist

PAGARALAM – Meskipun sempat terjadi kelangkaan pupuk kimia disejumlah pasaran yang ada, masalah tersebut secara perlahan bisa diatasi dengan menggunakan pupuk kompos. Pupuk kompos saat ini menjadi solusi yang tepat mengatasi kelangkaan tersebut.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtukultura Kota Pagaralam, Jumaldi Jani melalui Sekretaris Hellen Phornica SE MM mengatakan, mahal serta langkanya pupuk kimia adakalanya menimpa para petani. Sementara penggunaan pupuk kompos dinilai belum begitu optimal.

Sejauh ini katanya, sudah ada pelatihan dan bimbingan teknologi pertanian dan perkebunan (Pengembangan Rumah Kompos) Kelompok Tani (Poktan) Cawang Baru C, Kelurahan Reba Tinggi, Kecamatan Dempo Utara. Di sana disampaikan manfaat kompos di antaranya kemanfaatan bagi lingkungan. Dengan bahan dasar alami atau natural, maka kompos dipastikan lebih ramah terhadap lingkungan.

“Ya, pupuk kompos merupakan salah satu cara untuk mengurangi efek rumah kaca atau green house effect,” terang Hellen, kemarin (26/8).

Lanjutnya, dalam rangka memanfaatkan kompos tersebut, pihaknya begitu berharap agar pengoperasian rumah kompos seperti yang ada di Cawang Baru itudapat lebih maksimal.

“Meski begitu, pemaksimalannya pun harus memperhatikan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Ditambahkan Kabid Prasarana dan Sarana dan PLA, Efrizon gandi mengatakan, pemahaman kepada warga setelah pelatihan juga meningkat.

“Khusus anggota poktan agar dapat melakukan cara-cara pengembangan rumah kompos,” singkatnya.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster