60 Persen Hanya Lulusan SMA, Kualitas Anggota Dewan Diragukan

 247 total views,  2 views today

 

Ilustrasi Anggota DPR | Dok KS

Ilustrasi Anggota DPR | Dok KS

EMPAT LAWANG – Kualitas anggota DPRD Kabupaten Empat Lawang periode 2014-2019, diragukan. Pasalnya, dari 35 anggota dewan saat ini, tercatat 20 orang atau sekitar 60 persennya  lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Dari jumlah itu juga, hanya 12 anggota dewan memiliki ijazah setingkat Strata Satu (S1), satu orang Diploma Tiga (D3), serta dua orang lulusan Paket C. “Dari segi usia juga banyak masih muda, tentu hal wajar jika pengalaman dianggap penting menuju kualitas wakil rakyat,” kata sumber koran ini menolak disebutkan namanya disela pelantikan, kemarin.

Masyarakat Empat Lawang berharap, dewan bisa menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat. Lebih mengutamakan menyerap aspirasi dari tingkat bawah, ketimbang menghabiskan jabatan hanya demi kepentingan pribadi. “Kita harap bisa lebih baik dari anggota dewan sebelumnya,” cetusnya.

Sementara itu Ketua DPRD Empat Lawang sementara, H David Hadrianto Aljufri mengakui, sebagian besar anggota dewan adalah baru. Menurutnya, hanya ada 12 anggota DPRD lama dan sudah berpengalaman di legislatif. Namun demikian,  David optimis kinerja wakil rakyat mendatang bisa lebih baik.

Ditanya kwalitas anggota dewanyang  60 persennya, hanya berpendidikan SMA, David menyebut, pendidikan bukan menjadi faktor utama dalam pelaksanaan tugas tetapi pengalamanlah yang dibutuhkan.

Ia yakin anggota dewan saat ini, bisa menunjukkan kwalitasnya lebih baik dibandingkan lulusan S1 maupun S2. “Pendidikan tidak menjadi halangan untuk berprestasi, saya yang S1 belum tentu lebih baik dari mereka yang hanya lulusan SMA,” ucapnya.

David menyampaikan, untuk periode mendatang beberapa pelatihan dan bimbingan teknis (Bimtek), akan dilakukan untuk semakin menambah pengetahuan anggota dewan mengenai tugas dan fungsi (tupoksi) nya. Terlebih, para anggota dewan adalah orang-orang terbaik utusan partai politik, yang sudah melalui seleksi di parpol masing-masing.  “Bimtek dan pelatihan akan terus kita lakukan untuk menjadikan DPRD ini semakin baik,” imbuhnya.

Terpisah, Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA) berharap dilantiknya 35 anggota DPRD Empat Lawang periode 2014-2019 tersebut bisa kian mempercepat laju pembangunan di Empat Lawang.

Karenanya ia berharap anggota dewan yang baru tersebut, bisa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang. “Kita berharap DPRD dan kita bisa bersinergi,” kata HBA seraya menambahkan optimisme bisa memajukan Empat Lawang menuju visi misi EMASS yang Gemilang.

 

TEKS           : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster