Tes CPNS OKI di Palembang

 259 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

KAYUAGUNG – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Badan Kepegawaian dan Dilkat (BKD) setempat memastikan  siap untuk melakukan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2014.

Meskipun belum menerima formasi apa saja yang disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera (Kemenpan) yang akan diterima dalam seleksi CPNS tahun 2014 ini, akan tetapi Pemkab OKI telah menerima jumlah kuota penerimaan sebanyak 99 orang melalui jalur umum.

Kepala BKD OKI Imam Sayuri melalui Sekretaris Hajar mengatakan, Pemkab OKI  telah siap untuk melaksanakan penerimaan CPNS, meskipun sistem seleksi pada tahun ini berbeda dari penerimaan CPNS tahun lalu, dimana sebelumnya seleksi dengan menggunakan sistem Lembar Jawaban Komputer (LJK), pada tahun ini menggunakan cara Computer Assited Test (CAT).

“Kalau ditanyakan siap tentu kita sudah siap, semua sudah kita persiapkan termasuk kerja sama dengan Kantor Regional VII BKN di Palembang, sekarang saya sedang di BKN koordinasi tentang penerimaan CPNS,” ujar Hajar.

Dalam Kerja sama ini sambungnya, Pemkab OKI akan mempergunakan peralatan CAT milik Kantor Regional VII BKN dipalembang, sebab saat ini pemkab oki belum memiliki peralatan tersebut.

“Untuk test nanti akan dilaksanakan di Palembang, namun tentu peralatan yang terbatas tidak bisa seleksi dilaksanakan sekaligus,” jelasnya.

Ditambahkannya, jika melihat jumlah pendaftar CPNS OKI pada tahun lalu mencapai 13 ribu orang, dan pada tahun ini jumlah tersebut bisa saja meningkat meningkat mengingat ada beberapa daerah yang dipastikan tidak membuka penerimaan CPNS dan diperkirakan pelamar dari daerah tersebut akan mendaftar di daerah lain termasuk di OKI.

“Informasi yang kita peroleh peralatan yang ada itu sebanyak 100 unit, artinya peserta test per 100 orang untuk setiap gelombang dan waktu pelaksanaan ujian selama 2 jam, jika kita hitung dengan jumlah peserta tahun lalu seleksi bisa dilaksanakan selama tiga minggu,” terangnya.

Namun demikian, untuk peserta yang telah mendaftar melalui online, selanjutnya akan mendapatkan balasan termasuk kapan giliran  test yang akan dilaksanakan.

“Nanti kita atur jadwalnya, jika tahun kemarin serentak namun kali ini tidak bisa karena tidak semua daerah memiliki perangkatnya,” tandasnya.

Mengenai formasi, saat ini pihaknya belum menerima formasi CPNS dari BKN dan Kemenpan, untuk pengumuman formasi ini dilakukan langsung oleh kemenpan melalui situs www.sscn.bkn.go.id. Namun demikian beberapa hari terakhir ini situs tersebut belum bisa diakses.

“Kita memperoleh informasi memang situsnya sering kali tidak bisa dibuka, namun kita tidak tahu mengapa sebab bukan kita yang mengelolanya,” katanya.

Mengenai antisipasi adanya kemungkinan peserta yang berlaku curang dengan menggunakan Joki, Hajjar memastikan hal tersebut sulit untuk terjadi sebab para peserta ini akan dilakukan pengawasan secara ketat termasuk identifikasi para peserta.

“Saya kira pengawasannya bisa lebih mudah sebab satu kali test 100 orang dan dapat diawasi secara langsung dan lebih teliti,” ujarnya seraya mengatakan memang hingga saat ini menjadi PNS masih pilihan favorite masyarakat dikabupaten OKI hal ini terlihat dari antusiasnya masyarakat mengikuti setiap kali adanya seleksi penerimaan.

Sementara itu Nopi, alumni Fakultas Hukum Universitas Islam OKI (Uniski) Kayuagung mengaku hingga saat ini belum bisa mengakses website penerimaan CPNS tahun 2014, yakni pada www.panselnas.menpan.go.id. belum berhasil diakses meskipun sejak rabu kemarin pendaftaran telah dimulai.

“Saya kira pemerintah belum siap untuk melaksanakan penerimaan, saya  ini hanya mau mengecek formasi jurusan saya ada atau tidak tetapi hingga sekarang belum berhasil,” ungkapnya.

 

TEKS   : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster